Berpotensi Terbakar, Ducati Scrambler 1100 Kena Recall

Ducati Scrambler 1100
Ducati Scrambler 1100 (net)

KLIKPOSITIF - Ducati melakukan penarikan kembali atau recall untuk model Ducati Scrambler 1100 di pasar Amerika Utara. Penarikan kembali ini dilakukan setelah ditemukan permasalahan pada bagian exhaust flapper cable.

Kondisi ini dikahwatirkan berpotensi membuat bagian itu bersentuhan dengan baterai atau aki yang berisiko menyebabkan kebakaran. Ducati menjelaskan masalah ini karena kabel yang mengontrol flapper knalpot--yaitu katup dalam sistem pembuangan dengan tugas menjaga aliran gas buang--berpotensi bersentuhan dan terkena kabel positif utama baterai.

Dalam situasi itu akan rawan terjadi korsleting, dan dalam kasus yang paling ekstrem, bahkan mamppu menyebabkan kebakaran. Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA menyatakan kondisi ini dan Ducati sebagai produsen memperkirakan sekitar satu persen dari 1.072 unit motor produksinya telah terdampak.

baca juga: Tesla Tidak Akan Memproduksi Model Baru pada Tahun Ini

Dilansir dari Ride Apart, penarikan kembali itu melibatkan Ducati Scrambler 1100 produksi 2018 sampai 2021. Namun fokus recall diberikan kepada model produksi antara Maret 2018 sampai Oktober 2020. Perusahaan akan menghubungi pemilik melalui surat dan recall dengan nomor SRV-RCL-20-003.

Diperkirakan proses perbaikan atas recall akan dimulai 25 Januari 2021. Pemilik Ducati Scrambler 1100 diminta untuk mengunjungi dealer Ducati. Dan hingga kini, belum ada laporan tentang kebakaran atau cedera terkait masalah ini

baca juga: Kawasaki ZX-25R Mendapat Sentuhan Baru, Tampilan Makin Kinclong

Editor: Ramadhani