Otoritas Italia Denda Apple Rp169 karena Klaim Keliru Soal iPhone

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Otoritas Italia, L'Autorit Garante della Concorrenza e del Mercato (AGCM) dilaporkan telah menjatuhkan denda sebesar $12 juta atau sekitar Rp169 miliar kepada Apple. Hal tersebut dilakukan karena Apple dituding membuat klaim sesat soal fitur ketahanan air iPhone.

Dilansir dari 9to5mac, otoritas antitrust Italia sudah melakukan investigasi dan mendapati bahwa Apple bersalah atas dua hal. Pertama, Apple mengklaim berbagai seri iPhone memiliki fitur ketahanan air yang beragam, dari kedalaman 1 meter hingga 4 meter. Nyatanya, hal itu hanya berlaku saat perangkat menjalani tes laboratorium dengan penggunaan air murni dan statis, bukan dalam pemakaian normal oleh pengguna.

baca juga: 5 Terduga Teroris Dibekuk di Aceh, Ditemukan Bahan Bom Hingga Dokumen

Klaim Apple yang kedua adalah menggembor-gemborkan fitur ketahanan air dalam iklan, namun menolak layanan garansi pada perangkat yang mengalami kerusakan air. Klaim Apple yang satu ini memang cukup membingungkan.

Bagaimana bisa mereka menghadirkan fitur ketahanan air pada perangkatnya, tanpa mau memberi jaminan jika ada masalah yang dialami karena ketidaksempurnaan fitur tersebut.Otoritas antitrust beranggapan Apple telah merampas hak-hak yang seharusnya dimiliki konsumen.

Selain dikenai denda, Apple juga diminta untuk menerbitkan update pemberitahuan di situs resmi versi Italia melalui tautan 'Consumer protection information'. Tudingan atas klaim sesat Apple soal fitur ketahanan air di iPhone ini, berpotensi terjadi juga di negara-negara Uni Eropa lainnya. Bukan tidak mungkin perusahaan akan kembali dikenakan denda yang lebih besar dan hukuman lainnya.

baca juga: Beli Sabu Dipinggir Jalan, Petani di Lima Puluh Kota Diciduk Polisi

Editor: Ramadhani