Apple Minta Foxconn Pindah Produksi ke Vietnam

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Apple meminta Foxconn untuk memindahkan produksi iPad dan MacBook dari China. Dilansir dari Reuters hal ini menjadi upaya untuk meminimalisir dampak ketegangan antara Amerika Serikat dan China.

Vietnam akan jadi tempat tujuan Foxconn untuk melakukan perakitan perangkat berikutnya. Wilayah yang dipilih adalah provinsi Bac Giang yang terletak di sebelah timur laut Vietnam.Selain Foxconn, beberapa manufaktur Apple lainnya, macam Pegatron dan Compal Electronics bakal migrasi ke Vietnam. Mereka juga akan memperluas produksi di sana, sekaligus mengurangi ketergantungan pasokan terhadap China.

Selain iPad dan MacBook, Apple juga berniat membuat iPhone di negeri naga biru tersebut. Vietnam, sejatinya bukan lah tempat baru bagi Apple untuk menjalankan produksi.Sebelumnya, perusahaan pimpinan Tim Cook itu sudah lebih dulu merakit AirPods dan AirPods Pro. Bahkan, AirPods Pro generasi 2 kabarnya juga akan dirakit di Vietnam. Perluasan rantai pasokan tampaknya jadi salah satu agenda Apple dalam beberapa tahun ke depan.Rencananya, produski massal iPad dan MacBook di Vietnam bakal dimulai pada Q1 2021. Selain Vietnam, India juga merupakan salah satu tempat yang diijadikan Apple sebagai pusat produksi. Di sana, Apple sudah memulai produksi iPhone sejak pertengahan tahun ini

Baca Juga

Editor: Ramadhani