Apple Diberi Sanksi Denda Rp1,6 Triliun karena Terbukti Bikin iPhone Melambat

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Apple diberi sanksi berupa membayar denda Rp1,6 triliun ke 34 negara bagian Amerika Serika. Apple terbukti sengaja memperlembat kinerja iPhone seri lama untuk menutupi penurunan masa pakai baterai.

Praktik curang Apple, terungkap berkat investigasi yang dilakukan para jaksa di negara-negara tersebut. Menurut hasil investigasi, Apple tidak transparan dalam masalah baterai yang menyebabkan perangkat mati. Mereka malah mendorong pengguna untuk melakukan update software yang berdampak pada melambatnya kinerja iPhone.

baca juga: Simpan Sabu di Dapur, Suami-Istri di Tanah Datar Ini Dibekuk Polisi

Banyak pihak menduga, hal tersebut merupakan salah satu cara Apple agar pengguna terus membeli iPhone baru. Dilansir dari CNN, Jaksa Agung negara bagian Arizona, Mark Brnovich mengatakan perusahaan teknologi besar harusnya berhenti memanipulasi konsumen.

Menurutnya, perusahaan wajib memberi tahu tentang seluruh kebenaran dan praktik dari produk yang ditawarkan. ecurangan Apple ini dilakukan pada rentan waktu 2016-2017 lalu. Perusahaan pun menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna yang merasa kecewa.

baca juga: 5 Terduga Teroris Dibekuk di Aceh, Ditemukan Bahan Bom Hingga Dokumen

Namun, Apple menampik kalau mereka melakukan hal tersebut dengan sengaja. Apple bersikukuh tidak akan pernah melakukan kecurangan demi mendulang keuntungan dari pelanggan. Meski begitu, Apple tetap membayar denda dan memberi panduan kesehatan baterai di situs resmi dan catatan instalasinya

Editor: Ramadhani