Fitur Baru WhatsApp Telah Dirilis, Pesan Hilang Otomatis Setelah Sepekan

WhatsApp
WhatsApp (net)

KLIKPOSITIF - Fitur baru WhatsApp berupa fitur pesan sementara atau disappearing messages telah dirilis untuk pengguna di Indonesia.

Dengan fitur ini pesan yang dikirim pengguna secara personal atau dalam grup pesan, dapat terhapus secara otomatis setelah 7 hari. Fitur ini berguna untuk menghapus percakapan yang sering dilakukan setiap 7 hari, contohnya untuk menghemat kapasitas penyimpanan.

baca juga: Karena Kasus Ini, Pewaris Samsung Masuk Bui Lagi

WhatsApp juga menjelaskan bahwa disappearing messages bertujuan untuk membuat percakapan terlihat lebih nyata alias terasa seperti obrolan langsung.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal unduh WhatsApp terbaru lalu masuk ke tab Chats. Cari salah satu jendela obrolan pribadi dan akses bagian Contact Info yaitu tekan nama penerima pesan di bagian atas.

baca juga: WhatsApp Tunda Kebijakan Privasi Data Hingga Mei 2021

Scroll ke bawah di halaman ini dan cari pengaturan pesan sementara atau disappearing messages. Aktifkan fitur dan secara otomatis mode disappearing messages akan berlaku mulai saat itu juga. Sebagai tambahan, pengaturan disappearing messages juga tersedia di group chat namun hanya terlihat oleh admin.

Dari penjelasan WhatsApp, foto atau video yang dikirimkan juga akan hilang setelah 7 hari jika fitur disappearing messages diaktifkan. Namun pengguna bisa menggunakan fitur auto-download agar setiap foto atau video yang dikirimkan dapat tersimpan secara otomatis di aplikasi Photos.

baca juga: Apple Bakal Tambahkan Fitur Baru Lagi untuk Apple Glas

Editor: Ramadhani