Update Baru, iPhone 12 Pro series Mendukung Fitur ProRAW

iPhone 12
iPhone 12 (net)

KLIKPOSITIF - Update iOS 14.3 Beta 1 membawa beragam fitur baru yang diujikan serta beberapa perbaikan. Salah satu hal menarik dari iOS 14.3 Beta 1 adalah kehadiran fitur ProRAW untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

ProRAW adalah fitur baru yang hanya diberikan Apple pada perangkat iPhone 12 Pro series. ProRAW adalah format gambar profesional yang tidak terkompresi dengan dukungan noise reduction dan multiframe exposure adjustments secara otomatis. Fitur ProRAW dikenalkan Apple pada Apple Event Oktober dan hanya akan tersedia di iPhone 12 Pro series.

baca juga: Apa Itu Alat Pacu Jantung Listrik Untuk Pasien Bradikardia? Yuk Kenali

Dikutip dari beberapa sumber, ProRAW di iOS 14.3 Beta 1 mendukung semua lensa di kamera belakang. Yaitu Ultra Wide, Wide dan Tele. Sebastiaan de With, developer dari aplikasi Halide telah membagikan beberapa info menarik seputar ProRAW di iOS 14.3 Beta 1 untuk iPhone 12 Pro.

Selain mendukung Ultra Wide, Sebastiaan juga menjelaskan bahwa ProRAW mendukung Night Mode. Namun dijelaskan juga bahwa ProRAW tidak dapat berfungsi dalam mode Live Photo serta Portrait Mode. Namun sepertinya ProRAW bisa menggunakan fitur Deep Fusion dan Smart HDR. Dia juga mengatakan bahwa ProRAW punya mode noise reduction yang cukup tinggi.

baca juga: Karena Kasus Ini, Pewaris Samsung Masuk Bui Lagi

Hal ini berbeda dengan aplikasi Halide II yang tidak memberikan noise reduction sama sekali. Sebagai penutup, pengembang Halide ini juga mengatakan bahwa ProRAW memerlukan storage yang cukup besar. Jika gambar RAW dari aplikasi lain hanya menggunakan ukuran sekitar 15MB, ProRAW perlu sekitar 25MB atau bahkan lebih.

Editor: Ramadhani