Big Sur Telah Bisa Diunduh, Ini Perubahan yang Dibawanya

macOS Big Sur
macOS Big Sur (net)

KLIKPOSITIF - macOS Big Sur untuk pengguna umum telah resmi dirilis oleh Apple . Tepatnya untuk pengguna Mac dari tahun 2013 atau lebih baru seperti MacBook Pro, MacBook Air, iMac dan lain sebagainya.

Apple mencatat 2 hal paling penting pada sistem operasi macOS versi 10.16 ini. Yaitu perubahan tampilan secara besar-besaran, serta peningkatan privasi dan beragam fitur baru lainnya.

baca juga: Apa Itu Alat Pacu Jantung Listrik Untuk Pasien Bradikardia? Yuk Kenali

Bagi pengguna yang telah menggunakan macOS selama beberapa tahun, mungkin akan sadar bahwa beberapa elemen tampilan seperti Dock, Desktop, deretan ikon aplikasi bawaan dan Menu Bar terasa tidak banyak berubah.

Kini, Apple banyak membawa perubahan di sisi tampilan baik pada bagian luar seperti tampilan utama dan juga deretan ikon aplikasi serta sejumlah tampilan bagian dalam aplikasi bawaan. Pertama untuk ikon di Dock. Apple telah mengubah sejumlah ikon dari aplikasi bawaan di macOS Big Sur agar bisa tampil lebih konsisten dan tentunya tetap menarik.

baca juga: Karena Kasus Ini, Pewaris Samsung Masuk Bui Lagi

Beberapa detail lain seperti deretan tombol dan kendali utama, juga dibuat lebih minimalis dengan mode tampilan yang hanya muncul ketika diperlukan. Beberapa kunci utama dari perubahan tampilan di macOS Big Sur adalah membuat pengguna bisa lebih fokus, tampilan segar, tetap familiar, tidak rumit secara visual dan fokus pada konten yang sedang dikerjakan pengguna.

Selain di bagian Desktop dan Dock, Apple juga memberikan perubahan besar pada Menu Bar di komputer Mac. Kini Menu Bar di bagian kanan atas layar, digabungkan dengan fitur Control Center yang sebelumnya akrab ditemui di perangkat iOS.

baca juga: Apple Bakal Tambahkan Fitur Baru Lagi untuk Apple Glas

Beberapa kendali yang biasa digunakan oleh pengguna, kini bisa diakses secara cepat dan tepat dalam satu tempat yaitu Control Center for Mac. Deretan kendali di Control Center ini juga bisa dipindahkan ke Menu Bar, sehingga memudahkan untuk diakses seperti cara lama yang biasa kamu kenal.

Selanjutnya Apple juga mengubah fitur Notification Center dan Widget agar dapat lebih memberikan informasi relevan dan membantu pengguna untuk beragam hal. Hal menarik berikutnya di macOS Big Sur adalah seputar peningkatan privasi.

Apple memberikan beragam peningkatan keamanan di macOS Big Sur, salah satunya adalah lewat peramban Safari. Kini peramban Safari dibekali dengan beragam fitur seputar Privacy yang lebih baik namun tetap mudah digunakan. Beberapa diantaranya adalah Privacy Report, Password Monitoring, pengaturan Safari Extensions yang lebih baik, dan beragam lainnya.

baca juga: Apple Rilis Update Terbaru, Ada iOS dan iPadOS 14,3

Selain seputar keamanan, Safari juga mendapatkan beberapa fitu baru. Diantaranya adalah tampilan baru tab bar, Favicon di tab, peningkatan performa, hemat daya, WebExtensions API, serta mode Import passwords dan settings dari Chrome. Aplikasi Messages juga kini mendapatkan sejumlah fitur baru untuk membuatnya sepadan dengan Messages yang ada di iOS 14. Beberapa fiturnya mungkin sudah digunakan lebih dahulu di iOS 14. Seperti Pin Conversations, Group Photos, Mentions, Inline Replies, Memoji Editor, peningkatan fitur edit gambar, dan sejumlah fitur baru lainnya.

Editor: Ramadhani