iPhone 12 Mini Tak Bisa Dicharger Maksimal Menggunakan MagSafe Charger

MagSafe Charger
MagSafe Charger (net)

KLIKPOSITIF - Apple telah merilis aksesoris Wireless Charging baru bernama MagSafe Charger. Aksesoris ini bebentuk kabel dengan magnet yang dapat menempel di bodi belakang iPhone 12 series. Gunanya sebagai charger untuk mengisi daya secara nirkabel hingga 15W.

Dilansir dari laman Apple Support, dijelaskan bahwa iPhone 12 mini hanya dapat menggunakan MagSafe Charger dengan daya maksimal 12W saja. Sedangkan untuk iPhone 12 lain yaitu iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, MagSafe Charger dapat digunakan mengisi daya hingga 15W.

baca juga: Apa Itu Alat Pacu Jantung Listrik Untuk Pasien Bradikardia? Yuk Kenali

Untuk dapat memperoleh daya pengisian baterai secara maksimal, MagSafe Charger memerlukan Power Adapter dengan spek 9V/2.22A, 9V/2.56A atau lebih tinggi. Masih dari catatan yang sama, Apple juga menjelaskan bahwa MagSafe Charger akan mengalami penurunan daya pengisian baterai ketika iPhone sedang menggunakan aksesoris berkonektor lightning, misalkan headphone.

Penurunan daya ini mencapai 7.5W atau separuh dari kemampuan pengisian daya maksimal dari MagSafe Charger. Apple juga menjelaskan tata urutan menggunakan MagSafe Charger. Pengguna harus menghubungkan MagSafe Charger ke Power Adapter yang terhubung listrik, baru setelah itu menempelkan MagSafe ke iPhone 12.

baca juga: Karena Kasus Ini, Pewaris Samsung Masuk Bui Lagi

Dengan langkah tersebut, MagSafe bisa melakukan verifikasi apakah listrik yang digunakan bisa menghantarkan daya maksimal. Jika sudah menghubungkan MagSafe ke iPhone sebelum menghubungkan Power Adapter, silakan lepas iPhone dari MagSafe dan tunggu 3 detik. Kemudian setelah itu hubungkan iPhone ke MagSafe kembali.

Aksesoris ini dijual dengan harga $39 atau sekitar Rp 580 ribu. Sedangkan USB-C Power Adapter 20W yang dijual dengan harga $19 atau sekitar Rp 280 ribu.

baca juga: Apple Bakal Tambahkan Fitur Baru Lagi untuk Apple Glas

Editor: Ramadhani