Positifers, Teknologi Ini Bisa Bikin Bisnis Online Kamu Lebih Efektif, Yuk Simak!

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pandemi dan perkembangan teknologi membuat banyak pelaku bisnis banting stir metode usaha, sebab pembatasan sosial membuat interaksi sosial masyarakat di luar rumah lebih berkurang. Hal itu tidak menguntungkan pebisnis dari sisi finansial.

Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar pengusaha lebih inovatif. Pada umumnya, penggunaan teknologi ini banyak digunakan oleh pebisnis yang bergerak di sektor penyedia barang, kuliner, dan jasa.

baca juga: Apa Itu Alat Pacu Jantung Listrik Untuk Pasien Bradikardia? Yuk Kenali

Dengan menggunakan layanan internet, media sosial dan laman resmi (website), pebisnis bisa berinteraksi langsung dengan pembeli. Disisi lain, kemudahan akses bisa membuat transaksi jual-beli juga lebih efektif.

Namun, tidak jarang pengusaha bisnis online mengeluhkan kepadatan trafik laman saat ramai pengunjung. Pasalnya, kondisi demikian membuat interaksi dengan pembeli terganggu, parahnya gangguan pada layanan laman juga membuat pembeli cenderung berpindah lapak.

baca juga: Karena Kasus Ini, Pewaris Samsung Masuk Bui Lagi

Hal demikian tentu tidak diinginkan bagi pebisnis. Saat berbisnis daring, pengusaha harus mempertimbangkan faktor teknologi untuk memasarkan produk demi kenyamanan konsumen.

Berkaca dari masalah tersebut, salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis untuk mendongkrak layanan daring lewat laman resmi mereka adalah pemilihan layanan server.

baca juga: Apple Bakal Tambahkan Fitur Baru Lagi untuk Apple Glas

Server atau Peladen merupakan layanan penyedia piranti lunak yang menjadi pusat operasional sebuah laman. Fungsi kerja laman sangat bergantung pada kekuatan peladen. Sering pelambatan atau bahkan gangguan kinerja laman disebabkan oleh server ini.

Namun seiring perkembangan teknologi, kini ada layanan piranti lunak yang memberikan solusi atas gangguan kinerja laman tersebut, khususnya yang kerap dialami oleh pelaku usaha daring, namanya Virtual Privat Server (VPS).

baca juga: Apple Rilis Update Terbaru, Ada iOS dan iPadOS 14,3

VPS merupakan layanan piranti yang lebih kompetibel. Lewat penggunaan VPS, pemilik laman tidak akan terganggu dengan pengguna lain pada layanan yang sama. Sehingga VPS bisa lebih mengoptimalkan kinerja laman yang terpaut dengan induk piranti tersebut.

Layanan VPS ini lebih menerpkan pola virtualisasi piranti keras peladen fisik (konvensional), dimana dengan pola lama tersebut memungkinkan banyak pengguna tergabung dalam satu piranti yang sama.

Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu peladen fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Sebagai penyedia layanan, teknologi VPS ini kerap digunakan oleh laman-laman bisnis yang memiliki lalulintas aktifitas yang padat. Pasalnya, eksekutor layanan laman membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menjaga laman tidak terganggu.

Namun begitu, besarnya kapasitas penyimpanan pada VPS tersebut bergantung pada paket yang digunakan pengguna. Semakin besar disk space, semakin mahal pula biaya berlangganan perbulannya.

Di sisi lain, dengan kemajuan bisnis daring yang cukup pesat, pemilik laman ingin memiliki kemudahan untuk mengontrol kerja peladen. Nah! Teknologi VPS ini bisa membantu pengguna layanan untuk mengontrol kerja peladen secara otomatis. Hal tersebut dibantu oleh Bot yang tersedia di dalam sistem peladen itu sendiri.

Tidak sampai disana, penggunaan VPS juga lebih memudahkan pebisnis daring untuk menjalankan usaha lewat aplikasi sendiri. Sebab, VPS juga dapat digunakan untuk membangun custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Penggunaan VPS pun juga bisa membantu pengguna untuk mengubah pengaturan laman secepat mungkin lewat Bot yang bekerja di dalam sistem VPS tersebut. Selain itu, spesifikasi ini akan memudahkan penguna untuk menggunakan hosting yang sesuai dengan kebutuhan laman dan sistem.

Kemudian untuk keamaan, pengguna VPS juga terbantu dengan peladen bantuan untuk mengantisipasi kesalahan konfigurasi atau pembobol laman (Hacker). Saat terjadi masalah pada laman, peladen bantuan bisa memberikan informasi terbaru dari peladen utama sebelum mengalami gangguan yang berdampak pada hilangnya data.

Nah, untuk membantu Positifers mendapatkan layanan VPS Indonesia Terbaik , kini Niagahoster menyediakan layanan penyewaan VPS yang bisa digunakan untuk membangun laman yang handal sesuai dengan kepentingan bisnis kamu nih Positifers.

Selain VPS hosting, Niagahoster juga menyediakan layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting dengan keunggulan Costumer Service 24/7, Data Center Tier 4 yg mumpuni, fitur kecepatan dengan LiteSpeed dan WordPress Accelerator, fitur keamanan dengan Imunify360, serta Garansi 30 hari uang kembali.

Untuk harga, Positifers tidak usah bingung, Niagahoster memberikan layanan dengan harga mulai dari Rp10 ribu/bulan dan ada pula paket dengan diskon hingga 75%.(*)

Editor: Ocky Anugrah Mahesa