Perlu Dokumentasikan Meeting Zoom, Ini Caranya

Zoom
Zoom (net)

KLIKPOSITIF -Pandemi membuat rapat-rapat kerja dan keperluan komunal dilakukan secara virtual. Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk keperluan ini.

Pengguna terkadang ingin menyimpan rekaman video pertemuan ini untuk keperluan dokumentasi atau penayangan ulang. Zoom memungkinkan pengguna merekam panggilan, terlepas dari akun gratis atau berbayar.

baca juga: Viral, Ibu Ini Bagikan Trik Praktis Ganti Popok Bayi Tanpa Harus Lepas Celana Bayi

Namun, jika pengguna hanya memiliki akun gratis, pengguna hanya dapat menyimpan rekaman video ke komputer. Bila pengguna ingin menyimpan rekaman ke cloud. pengguna harus memiliki akun berbayar. Dilansir dari Android Central, berikut cara merekam video di Zoom :

Cara merekam video Zoom lokal di dekstop

Rekaman lokal pertemuan Zoom tersedia untuk akun Zoom Basic (gratis) dan Zoom Premium (Pro, Bisnis, dan Perusahaan). Namun, rekaman lokal tidak tersedia di perangkat Android atau iOS. Satu-satunya yang memiliki kemampuan untuk merekam panggilan video adalah host atau orang yang memulai rapat, kecuali jika host mengizinkan pengguna lain untuk merekam panggilan.

baca juga: Bunda Ingat Pentingnya Mengetahui 3 Gaya Belajar Ini, Si Kecil Pakai yang Mana?

Untuk merekam video Zoom secara lokal di dekstop, buka aplikasi Zoom dan setelah pengguna memulai atau bergabung dengan pertemuan Zoom , arahkan kursor ke atas layar dan klik tombol Record di bagian bawah layar. Jika pertemuan selesai, pengguna dapat mengklik opsi Stop Recording dan berikan izin aplikasi Zoom untuk mengakses file dokumen di komputer pengguna.

Tunggu sebentar agar Zoom dapat mengonversi dan mengunduh file ke desktop. Sebuah jendela akan muncul dengan file audio dan video pertemuan Zoom tersebut. Klik salah satu file untuk diputar atau ditransfer ke lokasi lain.

Merekam video Zoom di cloud

Tidak seperti rekaman lokal, pengguna dapat merekam pertemuan Zoom di cloud, baik di komputer atau perangkat seluler. Namun, pengguna harus memiliki akun premium untuk melakukannya. Dari aplikasi dekstop, langkah-langkahnya hampir sama dengan merekam secara lokal. Hanya ketika pengguna mengklik tombol Record, pengguna akan mendapatkan opsi untuk Record on this Computer atau Record to the Cloud.

baca juga: Mengandung Banyak Vitamin, Daun Pepaya Punya 5 Manfaat Kesehatan Ini Loh

Setelah rekaman diproses, host akan menerima email dari Zoom . Host dapat memberi tahu pengguna lain dan berbagi akses ke rekaman cloud sesuai keinginan. Jika pengguna ingin merekam pertemuan Zoom di cloud dari perangkat Android atau iOS, buka aplikasi Zoom dan bergabung dengan pertemuan Zoom lalu klik opsi More di pojok kanan bawah > klik Record.

Jika pengguna selesai mengikuti pertemuan Zoom dan ingin menghentikan rekaman, klik opsi More lagi. Rekaman akan diproses oleh Zoom dan akan muncul di bagian My Recording pada aplikasi setelah selesai.

baca juga: Apa Itu Alat Pacu Jantung Listrik Untuk Pasien Bradikardia? Yuk Kenali

Fitur perekaman yang diberikan Zoom sangat membantu pengguna, terlebih dengan kemampuan merekam audio dan video dari pertemuan langsung ke dekstop komputer dan memuat file itu ke layanan seperti Dropbox, Google Drive, dan bahkan YouTube. Fitur seperti ini memudahkan pengguna yang harus beralih menggunakan Zoom saat bekerja dari jarak jauh.

Editor: Ramadhani