Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Aturan baru sejumlah negara, termasuk di Indonesia membuat Apple meningkatkan harga aplikasi dan biaya langganan termasuk in-app purchase di App Store. Hal ini dilakukan karena perubahan nilai tukar mata uang dan juga aturan baru yang diberikan oleh beberapa negara.

Khusus untuk Indonesia, aturan baru ini juga menyebabkan pengembang dari luar Indonesia akan mendapatkan pajak pertambahan nilai baru sebesar 10%. Harga di App Store menggunakan sistem Tier atau konversi dari nilai harga paling murah dan seterusnya. Misalnya, jika sebelumnya harga paling murah ada di 15 ribu, nantinya akan menjadi 16 ribu.

Apple juga masih memberikan Alternative Tier atau harga di bawah Tier 1 untuk regional Indonesia, yaitu 3 ribu Rupiah dan 5 ribu Rupiah alias tidak mengalami perubahan. Apple juga menjelaskan bahwa pendapatan untuk developer akan disesuaikan dan dihitung berdasarkan harga sebelum pajak.

Pengembang aplikasi pihak ketiga juga dapat mengubah harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (termasuk langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis) kapan saja di App Store Connect.

Jika sistem yang digunakan adalah berlangganan aplikasi, pengembang dapat memilih untuk mempertahankan harga lama untuk pelanggan yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga

Editor: Ramadhani