Rilis Duo Pixel, Google Siap Saingi Samsung dan Apple

Pixel dan Pixel XL
Pixel dan Pixel XL (Technobuffalo)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Google resmi rilis ponsel Android Pixel dan Pixel XL. Raksasa mesin pencari itu mengumumkan smartphone Pixel dalam sebuah acara yang berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat.

Dua seri Pixel yang diluncurkan Google , yaitu Pixel berukuran layar 5 inci dan Pixel XL dengan layar 5,5 inci. Duo Pixel ini siap saingi Samsung dan Apple karena smartphone ini sepenuhnya diproduksi oleh Google , baik hardware maupun softwarenya.

baca juga: Ubah Tampilan, Google Maps iOS Dapat Fitur Dark Mode

Duo ponsel ini mengusung sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan racikan khusus sehingga menghadirkan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh smartphone Android sebelumnya.

Untuk otak pemrosesannya menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 821 dengan layar AMOLED, RAM 4 GB, USB-C, dan port audio 3,5 mm. Duo ponsel ini juga sudah mendukung platform virtual reality Daydream buatan mereka sendiri.

baca juga: Lelang, Surat Lamaran Pekerjaan Milik Pendiri Apple Laku Miliaran Rupiah

Duo Pixel dibekali dengan berbagai aplikasi baru, antara lain Google Assistant yang bisa diperintah menggunakan suara layaknya Siri pada Apple .

Duo Pixel ini hadir dengan kamera 12 megapixel dengan ukuran piksel 1,55 mikron, dan diafragma F/2.0. Tak seperti tren smartphone lainnya, desain lensa kamera Pixel tidak menonjol dari bodi.

baca juga: Bos Apple: Jumlah Pengguna iPhone Terus Meningkat

Dalam hal kamera, Google mengklaim Pixel dan Pixel XL dibekali dengan kamera terbaik saat ini. Sebagai bukti, duo Pixel ini mencatatkan skor DXO Mark Pixel sebesar 89 poin. Angka tersebut lebih unggul dibandingkan flagship lain macam iPhone 7 dan Galaxy S7 Edge.

Menariknya, semua foto atau video yang dihasilkan Pixel dijamin tidak akan memenuhi memori internal smartphone. Pasalnya, Google memberikan ruang penyimpanan cloud tanpa batas dan tetap dalam ukuran aslinya.

baca juga: Find My iPhone Bisa Lacak iPhone Dalam Kondisi Mati, Ini Daftar iPhone yang Mendukung

Fitur yang diunggulkan adalah kemampuan pengisian daya baterai super cepat. Pengguna cukup meluangkan waktu 15 menit saja agar daya ponsel bisa terisi dan dipakai selama 7 jam.

Soal harga, duo Pixel tersebut dibanderol dengan harga tinggi. Bahkan, keduanya dibanderol semahal iPhone 7.

Penulis: Qalbi Salim