Ini Fakta Menarik Mobil Legendaris Jenderal Ahmad Yani, Saksi Bisu G30S

Ahmad Yani yang masih berpangkat kolonel saat briefing 12 April 1958
Ahmad Yani yang masih berpangkat kolonel saat briefing 12 April 1958 (Madjalah Sedjarah Militer Angkatan Darat No. 1, August 1958))

KLIKPOSITIF - Seperti petinggi negara pada umumnya, Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani dulunya juga mendapat fasilitas berupa mobil dinas saat masih bertugas.

Mobil ini menjadi saksi bisu mengenai peristiwa kelam, Gerakan 30 September. Saat ini tunggangan ikonik tersebut masih eksis di Jakarta Timur.

baca juga: Petasan Asap Meledak di Aksi Buruh, Menjulang di Dekat Istana

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, tak ada salahnnya untuk sedikit mengulik fakta-fakta menarik mengenai mobil Oldsmobile 98 edisi tahun 1964 tersebut. Berikut uraiannya.

1. Mobil Istimewa di Zamannya

baca juga: Demo di Hari Sumpah Pemuda, Polda Metro Kerahkan 10 Ribu Personel

Mobil berjenis Oldsmobile 98 tersebut merupakan salah satu produk buatan pabrikan Amerika Serikat, General Motors. Mobil ini merupakan edisi ketujuh dari tipe 98 yang diproduksi dari tahun 1961-1964.

Jenderal Ahmad Yani mendapat mobil tersebut pada Februari 1965 dengan plat nomor AD-01.

baca juga: Buruh Demo Pakai Baju Adat di Hari Sumpah Pemuda, "Cabut Omnibus Law Demi Anak Cucu Kita"

2. Masih Eksis

Mobil tersebut kini tersimpan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Sedan ini dipajang untuk mengenang jasa dari sang jenderal.

baca juga: Soal Pernyataan Presiden Prancis, Ulama Ini Minta Jokowi Tegur Macron

3. Mesinnya Nggak Main-Main

Mobil tersebut dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 6,5 L dengan konfigurasi V8, setara mobil-mobil sport mewah masa kini.

Walaupun usianya tak bisa dibilang muda, namun faktanya kendaraan ini dibekali transimisi otomatis tiga percepatan dengan teknologi Roto Hydramatic.

Ia juga dibekali dengan beberapa fitur yang banyak tersemat di mobil moderen, dua di antaranya berupa power steering dan jam digital pada dasbor.

Di pasaran, mobil tersebut hadir dalam berbagai varian, mulai dari 2 pintu, empat pintu dengan empat jendela, hingga empat pintu enam jendela.

Oldsmobile 98 edisi ketujuh ini dirancang oleh desainer bernama Bill Mitchell.

Editor: Eko Fajri