Presiden Joko Widodo Anugerahkan Satyalancana Wirakarya kepada Empat Insan Telkomsel

Telkomsel
Telkomsel (Ist)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya kepada empat insan Telkomsel , yang telah berkontribusi besar dalam kemajuan sektor telekomunikasi di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate menyematkan langsung tanda kehormatan tersebut dalam Upacara Virtual Peringatan Hari Bhakti Postel ke-75 bertema "Transformasi Digital untuk Indonesia Maju", Selasa, 28 September 2020.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, Telkomsel mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintah Republik Indonesia atas apresiasi yang diberikan kepada insan-insan Telkomsel .

baca juga: Tak Perlu ke Kelok HP, Dengan Telkomsel Kini Pelajar Pasiah Laweh Bisa Belajar Daring dari Rumah

"Kami bersyukur atas pencapaian ini, sekaligus menjadi kebanggan tersendiri bagi seluruh keluarga besar Telkomsel untuk memiliki sumber daya manusia unggul yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara. Kami akan menjadikan anugerah ini sebagai momentum memacu semangat untuk terus bergerak maju membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air. Serta sebagai bagian dari dukungan kami kepada pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai negara digital," katanya di Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.98/TK/Tahun 2020 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya, keempat insan Telkomsel yang mendapatkan penghargaan negara tersebut adalah Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Andi Agus Akbar, Vice President Technology Strategy Telkomsel Indra Mardiatna, dan Direktur Operasional Infomedia Riri Amalas Yunita.

baca juga: DILo Hackathon Festival 2020, Bertemakan Impacting for Indonesia

Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya atas peran aktif dalam mendorong pengembangan pusat data melalui proses akuisisi pusat data asing menjadi nasional. Selain itu, Setyanto juga ikut menginisiasi pemanfaatan spektrum 850 Mhz untuk pengembangan layanan telekomunikasi di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Seluruh upaya tersebut menjadikan landasan bagi pemerintah untuk menentukan Setyanto sebagai insan yang berkontribusi dalam menjamin kedaulatan dan keamanan data nasional serta memberikan pelayanan telekomunikasi bagi masyarakat di wilayah 3T.

baca juga: Telkomsel Serahkan Ratusan Ribu Kartu Perdana Kuota Belajar Gratis kepada Pelajar di Sumbar

Kemudian, Andi Agus Akbar yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President Regulatory Management Telkomsel , menerima penghargaan atas peran aktifnya dalam membangun kesepahaman dengan operator lain dalam rangka menginisiasi penataan ulang pita frekuensi radio 800-900 MHz yang telah disetujui oleh pemerintah.

Hal tersebut menjadi penting bagi industri telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan broadband yang berkualitas dengan jangkauan yang lebih luas ke seluruh pelosok, termasuk di 1.181 desa yang tergolong wilayah 3T, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Andi Agus Akbar kini menjabat sebagai Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel .

baca juga: Telkomsel Pastikan Pelanggan Sumbar Nyaman Belajar Jarak Jauh dengan Jaringan Broadband Berkualitas

Selanjutnya, Indra Mardiatna yang kini menjabat sebagai Vice President Technology Strategy Telkomsel , memperoleh Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya setelah dianggap berhasil mengembangkan teknologi 5G di Indonesia dengan uji coba dan showcase 5G pertama di Indonesia pada ajang Asian Games 2018.

Hal tersebut diwujudkan melalui kehadiran 5G Experience Center di Gelora Bung Karno yang meliputi simulasi terapan 5G seperti Autonomous Electric Vehicle, Robotic, dan AR/VR. Upaya tersebut pun dilanjutkan dengan mendorong penggunaannya di industri 4.0, sehingga mampu membantu meningkatkan daya saing Indonesia secara global dalam menerapkan teknologi 5G secara luas.

Sedangkan Riri Amalas Yunita merupakan insan Telkomsel yang kini menjabat sebagai Direktur Operasional Infomedia memperoleh Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya setelah berhasil berperan aktif dalam menginisasi dan mengimplementasi Omnichannel-System yang telah digunakan di beberapa institusi pemerintah, BUMN dan industri. Sistem tersebut merupakan sistem informasi interaksi yang mengintegrasikan berbagai platform komunikasi dengan kemampuan Big Data, sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan infomasi yang akurat dan meningkatkan kualitas layanan kesejahteraan.

"Ke depan, kami akan terus mengembangkan sumber daya manusia yang unggul untuk dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia di setiap langkah perusahaan dalam melayani negeri ini. Sebagai leading digital telco company, Telkomsel akan memaksimalkan manfaat implementasi transformasi teknologi digital tepat guna bagi berbagai sektor kehidupan, sejalan dengan semangat Hari Bhakti Postel ke-75 ini. Terlebih, saat ini kita sedang menjalani kenormalan baru, sehingga peran teknologi digital semakin krusial dalam mendampingi masyarakat untuk beradaptasi kebiasaan baru di kesehariannya agar kita semua dapat melewati masa penuh tantangan ini dengan baik," kata Setyanto. (*)

Editor: Fitria Marlina