Protes ke Apple, Facebook Ingin Messenger Ingin Jadi Aplikasi Default di iOS

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Setelah memprotes pembaruan fitur privasi iOS 14, kiniFacebook mempertanyakan kenapa Apple tak mengizinkan aplikasi kirim pesan pihak ketiga untuk menjadi default seperti email dan browser.

Dikutip dari The Information, VP Facebook Messenger, Stan Chudnovsky menganggap hal tersebut tidak adil. Ia ingin Apple agar berkaca pada Android yang memperbolehkan aplikasi pesan pihak ketiga jadi default. Pengguna Android juga bisa menerima pesan SMS yang dikirim ke nomor telepon melalui aplikasi tersebut.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

Dengan begitu, Chudnovsky mengatakan bahwa persaingan akan lebih adil karena tidak didominasi iOS. Namun, perubahan yang diinginkan oleh Facebook tidak mudah untuk dilakukan. Melansir MacRumors, fokus akan dilakukan terhadap perubahan yang lebih substansial dan invasif.

Hal ini berbeda dengan kemampuan untuk mengubah brwoser atau email menjadi aplikasi default. Sehingga, akan sulit untuk mendesak Apple memperbaruai kebijakannya tersebut.

baca juga: Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

Chudnovsky sendiri mengaku, bahwa pihaknya telah meminta Apple untuk mengizinkan aplikasi kirim pesan pihak ketiga untuk menajdi default, namun hasilnya selalu nihil. Meski begitu, pihak Facebook tak menyerah dan akan terus berjuang untuk mewujudkan hal tersebut.

Facebook bisa saja bergabung dengan "Coalition for App Fariness", yang berisi Tile, Spotify, dan Epic Games. Walaupun belum secara resmi, namun tanda-tanda itu ada. Pihak Facebook menyampaikan dukungan terhadap koalisi tersebut agar bisa menjunjung tinggi keadilan.

baca juga: Chrome Kini Punya Fitur Dark Mode

Editor: Ramadhani