Google Berencana Jalankan Potongan 30 persen di Transaksi Aplikasi

Google
Google (net)

KLIKPOSITIF - Google diberitakan bakal memperbarui kebijakan dari layanan Google Play terkait in-app purchase atau pembelian dalam aplikasi . Kebijakan ini, pada khususnya terkait dengan potongan atau pungutan biaya 30 persen dari tiap transaksi in-app purchase.

Sebenarnya, kebijakan tersebut sudah ditetapkan Goolge bertahun-tahun lalu. Namun, selama ini pihak Google terkesan tidak tegas dalam menerapkannya. Sehingga, para developer pun mengakalinya dengan mendorong pengguna untuk melakukan transaksi in-app purchase secara langsung, lewat kartu kredit misalnya.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

Kini, Google tampaknya mulai sadar dan berencana untuk memperketat kebijakan tersebut. Dilansir dari Bloomberg, Google akan mulai memperkenalkan pedoman barunya pada pekan depan. Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan oleh developer, khususnya dari segi sanksi.

Bagi developer yang tidak mematuhi aturan in-app purchase akan diberi waktu untuk memperbarui aplikasi . Jika mereka tidak menghiraukannya, maka pihak Google tak segan-segan menghapus aplikasi yang bersangkutan. Hal tersebut bisa dibilang sama seperti apa yang dilakukan Apple lewat App Store.

Bedanya, sejak awal menerapkan kebijakan, Apple sudah tegas dan tidak memberikan toleransi sedikit pun. Kasus terakhir adalah yang dialami Epic Games. Karena melanggar peraturan yang ada, developer game tersebut harus menerima konsekuensi berupa pemblokiran akses ke App Store.

baca juga: Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

Kebijakan potongan biaya 30 persen dianggap merugikan developer dan memberatkan beban ke pengguna. Akan tetapi, mau tidak mau, para developer harus mematuhi aturan jika masih ingin beroperasi lewat kedua layanan tersebut.

Editor: Ramadhani