Fitur iOS 14, Pengguna Bisa Leluasa Kostumasi Homescreen dengan Sentuhan Personal

iOS14
iOS14 (net)

KLIKPOSITIF - iOS 14 membuat pengguna iPhone bisa melakukan perubahan menarik di bagian Homescreen. Kemampuan ini didukung oleh fitur Widget yang bisa dibawa ke bagian Homescreen untuk membuatnya membantu tetap produktif atau tampilan yang dikostumasi.

Selain Widget, sejumlah pengguna iPhone iOS 14 telah membagikan tampilan seperti menggunakan tema yang estetik dengan ikon aplikasi yang diganti-ganti. Sebetulnya iOS 14 tidak mendukung fitur ganti ikon atau tampilan dengan tema sama sekali. Mode merapikan Homescreen dengan deretan ikon yang menggunakan desian sendiri, bekerja lewat bantuan fitur Shortcuts.

Yaitu membuat Shortcuts atau pintasan untuk membuka aplikasi yang dipilih dan ikon Shortcuts ini ditampilkan ke Homescreen. Ikon tersebut yang memiliki gambar atau desain ikon secara bebas dari para pengguna.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

Semakin banyak ikon dengan desain yang serupa untuk Shortcuts membuka aplikasi , tampilan di halaman Homescreen akan terlihat dalam satu tema yang sama. Ada 3 langkah utama yang harus kamu lakukan: 1. Siapkan ikon yang akan digunakan. 2. Buat Shortcuts untuk setiap aplikasi dalam selembar Homescreen. 3. Rapikan halaman Homescreen dan cari wallpaper dengan tema yang mirip.Untuk membuat Homescreen estetik di iOS 14, langkah pertama adalah menyusun tema lewat mencari ikon yang ingin digunakan.

Pengguna bisa mencari ikon gratis di beragam website dengan topik desain grafis atau menggunakan foto. Untuk awalan, coba unduh 5--10 ikon saja dengan tema warna dan desain yang sama. Simpan gambarnya di aplikasi Photos atau jika perlu buat sebagai Folder.

baca juga: Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

Buat Shortcuts

Masuk ke aplikasi Shortcuts di iPhone iOS 14. Pada tab My Shortcuts, tekan ikon Folder baru di bagian kanan atas layar dan beri nama sesuai tema ikon yang ingin kamu buat (contoh Blue). Buat Shortcut baru, pada bagian Action gunakan menu Scripting - Open App.Cari aplikasi yang ingin dipanggil dengan ikon Shortcut tersebut. Tekan ikon tiga titik horisontal untuk memberikan nama Shortcut. Sebaiknya beri nama sesuai aplikasi yang terhubung + nama folder tema.

Tekan tombol Add to Home Screen di bagian bawah tempat memberikan nama.

Beri nama ikon untuk di Homescreen, sesuai nama aplikasi yang akan dipanggil.

baca juga: Chrome Kini Punya Fitur Dark Mode

Pada bagian kotak sebelah kiri, tekan dan pilih foto yang akan digunakan dari ikon yang telah diunduh.

Akhiri pengaturan dengan menekan Add.

baca juga: Alasan Keamanan Nasional, Pemerintah AS Ingin Blokir TikTok Pada 12 November

Selesai, sekarang coba cek ke Homescreen dan temukan ikon Shortcut yang sudah dibuat. Lakukan langkah di atas untuk 5--10 aplikasi yang ada di 1 halaman Homescreen perangkat iOS. Jika sudah mendapatkan 5--10 Shortcut untuk terhubung ke aplikasi , jadikan semuanya dalam 1 halaman di Homescreen ya.Jika perlu, sembunyikan aplikasi aslinya dari Homescreen ke App Library. Setelah semua Shortcut ada dalam 1 lembar Homescreen, silakan lanjutkan dengan mencari wallpaper dengan warna senada

Editor: Ramadhani