Twitter Menangguhkan Akun Twitter Ahli Virologi yang Klaim COVID-19 Diciptakan di China

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Twitter diberitakan telah menangguhkan akun seorang ahli virus ChinaDr. Li-Meng Yan. Yan merupakan mantan peneliti di Sekolah Kesehatan Masyarakat Hong Kong yang mengklaim bahwa Covid-19 diproduksi di laboratorium.

Dia menuduh China menutupi bukti bahwa virus mematikan itu berasal dari laboratorium di Wuhan. "Mereka tidak ingin orang-orang mengetahui kebenaran ini. Itulah mengapa saya diskors, saya mendapat penindasan [dan] saya adalah target yang ingin dilenyapkan Partai Komunis China" kata Yan kepada pembawa acara Fox News Tucker Carlson pada hari Selasa.

baca juga: KTT G20 Dilangsungkan Secara Virtual Akhir November

Dilansir dari New York Post, Carlson menjawab, "Saya memberi Anda keuntungan dari keraguan, jadi saya akan menganggap Anda bukan seorang rasis anti-China jadi tidak jelas mengapa Twitter akan menutup Anda atau mengapa Anda diabaikan oleh yang lain."Hingga saat ini Twitter menolak berkomentar terkait masalah ini.

Yan sendiri merilis makalah hari Senin di situs web repositori akses terbuka Zenote yang katanya mendukung klaimnya. Ia menunjukkan bagaimana virus dapat "dibuat dengan mudah" di pengaturan laboratorium dalam enam bulan. Makalah itu, yang ditulis bersama dengan dua orang lainnya, mengklaim mencatat bagaimana "SARS-CoV-2 menunjukkan karakteristik biologis yang tidak konsisten dengan virus zoonosis yang terjadi secara alami."

baca juga: Seorang Perawat Dianiaya karena Ingatkan Pakai Masker di Kereta

Editor: Ramadhani