10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Ram 4 GB Terbaik September 2020

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Smartphone dengan kisaran harga 1 jutaan hingga 2 jutaan rupiah bisa dibilang masuk kategori smartphone yang laku di pasaran. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat smartphone di bawah 2 juta sudah menyuguhkan kualitas yang mumpuni, performa yang baik, serta kamera yang cukup tajam dengan harga yang masih terjangkau.

Menilik hal tersebut, berbagai vendor ponsel kemudian berlomba-lomba menelurkan perangkat terbaik mereka di rentang harga ini. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, berikut dilansir dari Carisinyal memberikan rekomendasi HP harga dibawah 2 jutaan dengan spesifikasi bagus. Adakah Hp di bawah 2 jutaan yang mengusung RAM 4GB?

baca juga: Emas Turun Harga Lagi, Rp 953 Ribu Per Gram

1. Redmi Note 8 3GB

Redmi Note 8 dipasarkan di Indonesia dalam beberapa varian memori. Yang paling terendah, yakni RAM 3 GB dan ROM 32 GB bisa Anda dapatkan di bawah dua jutaan dan menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami.

baca juga: Perangkat Apple Akan Dibuat Mendukung Controller Xbox Series X dan S

Meski Anda bisa mendapatkan HP dengan RAM 4 GB di kelas harga yang sama, namun Redmi Note 8 menawarkan sesuatu yang biasanya ada di smartphone kelas dua jutaan ke atas. Itu tak lain adalah kamera belakang yang terdiri dari empat modul. Secara keseluruhan, kemampuan kamera HP ini bisa dikatakan salah satu yang unggul di kelasnya.

Keuntungan lain membeli HP ini adalah layar IPS Full HD-nya yang luas dan diproteksi Gorilla Glass 5 yang kuat. Bagian dapur pacu dan baterainya juga menawarkan nilai jual yang baik, sehingga HP ini layak untuk Anda pertimbangkan. Tertarik? Jika tertarik dengan ponsel ini, Anda bisa ketahui lebih dalam di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 8.

baca juga: Sony Segera Berikan Fitur VRR untuk PS5

2. Samsung Galaxy A20s

Daya tahan baterai yang oke, kamera cukup oke di kelas harganya, layar Infinity V, dan fitur Dolby Atmos jadi kelebihan menarik yang ditawarkan ponsel dari Samsung ini. Selain itu, desain ponsel ini yang terlihat premium juga membuat ponsel ini memang salah satu ponsel yang memang layak dilirik.

baca juga: Turun Cukup Drastis, Emas Batangan Dijual Rp 961 Ribu Per Gram

Kamera ponsel ini memang tergolong standar tetapi hadirnya 3 kamera di bagian belakang untuk sebuah ponsel Samsung pada kelas harga di bawah Rp2 juta jelas menarik. Yang paling disayangkan hanyalah penggunaan chipset Snapdragon 450 yang sudah cukup lama.

Samsung Galaxy A20s ini pas untuk Anda yang butuh ponsel Samsung cukup oke di bawah Rp2 juta. Anda bisa mendapatkan ponsel ini di kisaran Rp1,9 untuk varian RAM 3 GB. Tertarik dengan ponsel ini? Jika tertarik, sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini, simak artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A20s yang bisa dijadikan panduan.

3. Realme 5i 3GB

Di Indonesia, Realme 5i tersedia dalam tiga varian memori, yakni 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB. Varian terendahnya dijual di bawah dua jutaan dan kedua lainnya memiliki harga jual yang tidak jauh berbeda.

Salah satu nilai jual utama dari Realme 5i adalah baterainya yang berkapasitas 5000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, daya tahan baterai HP ini tergolong sangat baik. Hanya saja Anda harus puas dengan pengisian standar 10W. Hal lain yang menjadi andalannya adalah pengaturan empat kamera di bagian belakang yang kemampuannya lumayan bersaing di kelasnya.

HP ini dirancang untuk pengguna muda yang hobi beraktivitas di luar ruangan. Selain baterai yang besar, Realme 5i juga dibuat cukup tangguh dari luar dengan lapisan Gorilla Glass pada layar dan bodi yang dibuat tahan percikan.

4. Samsung Galaxy A11

Samsung tak hanya menghadirkan HP untuk kalangan atas. Beberapa produk seperti Galaxy A Series merupakan persembahan Samsung untuk memenuhi kebutuhan pasar pada kelas menengah, salah satunya yang terbaru adalah Samsung Galaxy A11 yang sudah bisa dipesan di Indonesia pada Juni 2020. Bagaimana dengan fiturnya?

Pertama-tama, keunggulan HP ini terletak pada baterainya yang berukuran 4000 mAh. Kapasitas baterai ini juga bisa dicas dengan cukup cepat menggunakan fitur fast charging 15 W. Kedua, meski hadir dengan kombinasi maksimal ROM dan RAM sebesar 32 GB dan 3 GB, Anda bisa menyematkan microSD hingga 512 GB pada slot khusus.

Ketiga, desain layarnya yang sudah Infinity-O mampu memberikan kesan yang lega meskipun panel yang digunakan hanyalah TFT. Dengan ukuran layar 6,4 inci, berbagai kegiatan seperti menonton video, bersosial media, atau bermain game ringan dapat dilakukan dengan immersion yang baik.

5. OPPO A12

Seringkali orang mencari ponsel HP OPPO di bawah Rp2 juta. Rata-rata menemukan OPPO A5s atau OPPO A3s yang jelas sudah tidak diproduksi lagi. Kemudian muncul OPPO A12 yang sayangnya awal kehadirannya hadir dengan harga Rp2 jutaan. Namun, seiring berjalannya waktu, ponsel ini bisa didapatkan dengna harga kisaran Rp1,7 jutaan.

Dengan banderol harga tersebut, OPPO A12 tentu layak dibeli. Baterainya tergolong cukup besar dan dua kamera di belakang ponsel ini cukup bisa diandalkan untuk memotret. Kelebihan lain adalah audio direc, yakni sebuah fitur yang memungkinkan suara yang keluar beradaptasi sesuai arah penggunanya.

Jangan lupakan juga desain ponsel ini yang tergolong bagus sehingga cocok digunakan oleh Anda, baik laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, kamera depan 5 MP bakal terasa jadi kekurangan karena resolusi 5 MP di kamera depan terkesan jadi hal yang biasa.

Tertarik dan masih ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai HP ini? Baca juga kelebihan dan kekurangan OPPO A12.

6. Samsung Galaxy A20

Produk-produk smartphone Samsung identik dengan desain yang elegan. Hal itu salah satunya terlihat di produk entry-level mereka, yakni Samsung Galaxy A20. Desainnya yang simpel namun stylish membuat HP ini cocok digunakan siapa saja.

Salah satu hal yang menarik dari HP ini adalah layarnya yang menggunakan panel Super AMOLED. Meski resolusinya tidak Full HD, namun kualitas tampilan ini mampu memberikan pengalaman visual yang berbeda kepada penggunannya. Sebagaimana diketahui, panel Super AMOLED memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan panel IPS, salah satunya adalah hemat daya.

Di bagian fotografi, Samsung Galaxy A20 hadir dengan pengaturan kamera yang terbilang layak di kelasnya. Anda akan disuguhi dengan dua modul kamera belakang yang terdiri dari lensa sudut lebar dan ultra lebar untuk tangkapan yang lebih luas.

7. Realme C3

Pilihan HP dengan baterai besar terbaik di angka sejutaan lainnya adalah Realme C3. Dengan kapasitas 5000 mAh, daya tahan baterai HP ini pastinya sangat bagus. Dalam situsnya Realme menulis kalau baterai HP ini mampu bertahan hingga 20,8 jam untuk menonton YouTube dan 10,6 jam untuk bermain PUBG.

Realme membekali perangkatnya dengan spesifikasi yang lumayan tangguh di kelasnya, seperti layar yang diproteksi dengan Gorilla Glass 3 dan bodi yang dibuat tahan percikan. Bagian dapur pacunya juga dibuat bertenaga berkat dukungan chipset Mediatek Helio G70 yang gaming friendly.

Jualan utama lain dari HP ini adalah kamera. Realme C3 mengusung pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Adanya lensa makro sebesar 2 MP membuat HP ini cocok bagi pengguna yang hobi memotret dalam jarak dekat atau close-up. Dengan dukungan AI, kamera HP ini siap mengabadikan berbagai momen indah dengan layak.

8. Infinix Hot 9

Meski secara kualitas tidak jauh berbeda dengan beberapa pesaingnya, namun Infinix Hot 9 memiliki kelebihan tersendiri di posisinya saat ini. Ini adalah HP sejutaan yang cukup menarik perhatian.

HP ini kira-kira memiliki tiga nilai jual utama. Pertama, Infinix Hot 9 menawarkan penyimpanan internal yang beberapa kali lipat lebih besar dari yang ditawarkan oleh HP lain di daftar ini. Dengan demikian, Anda mungkin tidak perlu melakukan ekspansi dengan microSD dengan slot yang tersedia.

Yang kedua adalah baterainya yang berkapasitas jumbo, yang sudah pasti memiliki daya tahan yang bagus. Dan yang terakhir adalah desain kamera belakang yang lebih modern, meski kemampuannya mungkin ada di bawah sejumlah HP lain di daftar ini.

9. Samsung Galaxy M11

Pada akhir Maret 2020, Samsung kembali merilis Samsung Galaxy M11 setelah merilis M21 dan M31 masih pada bulan yang sama. HP seharga 2 jutaan ini telah dihadirkan dengan dapur pacu Snapdragon 450 yang dibalut pengolah grafis Adreno 506. Chipset ini merupakan salah satu yang berdaya saing paling tinggi pada jajaran HP dengan rentang harga serupa.

Dari sektor layar, HP ini juga sudah didesain mengikuti tren punch-hole yang marak di tahun 2020, dengan ukuran layarnya yang sebesar 6,4 inci. Hadir dengan konfugrasi tiga lensa, Samsung Galaxy M11 cukup mampu mendapatkan hasil kualitas foto yang sesuai dengan harganya berkat lensa 13 MP (lebar), 5 MP (ultra lebar) serta 2 MP (sensor kedalaman). Tentu HP ini juga hadir dengan fitur HDR, mode panorama, dan LED Flash.

Untuk Anda yang khawatir soal ketahanan baterainya bisa bernapas lega. Pasalnya, HP yang dibanderol harga 2 juta kurang ini sudah dilengkapi kapasitas baterai Li-Ion 5000 mAh yang dapat dicas menggunakan daya 15 W. Beberapa keunggulan lainnya turut hadir seperti konektivitas USB tipe-C, penggunaan Android 10, serta sensor sidik jari di belakang bodi. Tertarik?

10. Infinix S5 lite

Jika Anda ingin merasakan pengalaman baru saat menggunakan ponsel, Anda bisa mencoba Infinix S5 lite, ponsel sejutaan yang hadir dengan desain kamera depan punch hole yang terlihat lebih modern. Bukan hanya sekedar gimik, namun kamera depan HP ini memiliki kemampuan yang baik untuk selfie.

Sorotan lain dari HP ini adalah layarnya yang memiliki tingkat kecerahan yang bagus. Dalam iklannya Infinix menyebutkan kalau produknya ini memiliki tingkat kecerahan layar tipikal 480 nits, bagus untuk pemakaian di luar ruangan. Baterainya yang berkapasitas 4000 mAh membuat HP ini cocok bagi pengguna yang punya banyak aktivitas outdoor.

Sebenarnya cukup sulit memilih HP di bawah 2 juta terbaik yang ada saat ini mengingat banyaknya HP berkualitas di kisaran harga tersebut. Namun daftar di atas diharapkan dapat memberikan sedikit masukan bagi Anda yang sedang kebingungan mencari HP murah berkualitas di bawah 2 juta rupiah.

Editor: Eko Fajri