Hapus Sekarang Deretan Aplikasi Android Berbahaya Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Lagi-lagi kabar kurang baik berhembus buat pengguna Android . Deretan aplikasi berbahaya menjadi ancaman Anda jika tridak segera menghapusnya.

Setidaknya, Anda harus meluangkan waktu sejenak sebelum mengunduh apa pun di perangkat seluler untuk membaca ulasan secara cermat. menandakan ancaman keamanan.

baca juga: Apple Disebut Belum Rilis AirPods 3 dan AirPods Pro 2 Tahun Ini

Sebagaimana melansir laman Phone Arena, Rabu (9/9/2020), beberapa jenis malware dapat tidak diketahui secara umum, yang berarti bahwa tidak peduli seberapa berhati-hati Anda dalam proses pemeriksaan aplikasi pra-instalasi, Anda masih bisa menjadi korban serangan "fleeceware".

Ini mungkin fenomena jahat yang paling tersebar luas yang dibiarkan merajalela di ponsel Android di seluruh dunia oleh Google, dengan lusinan aplikasi yang terinfeksi ditemukan oleh peneliti keamanan hampir setiap minggu akhir-akhir ini.

baca juga: Kena Aturan Pajak, Harga Aplikasi di App Store Naik

Kumpulan aplikasi berbahaya terbaru disusun oleh Roxane Suau milik Pradeo, mencakup enam judul yang berhasil mengumpulkan hampir 200.000 penginstalan.

Ini menyoroti bahaya yang ditimbulkan oleh aplikasi Android tidak jelas dan biasa-biasa saja, yang tersedia di Play Store resmi karena beberapa judul mungkin tidak pernah melampaui 100 atau 1000 unduhan, sementara yang lain dapat dengan mudah memecahkan 50.000 atau 100.000 penghalang pemasangan.

baca juga: Chrome Kini Punya Fitur Dark Mode

Easy Scanner 2 dan Separate Doc Scanner membuktikan aplikasi paling populer dalam "koleksi" khusus ini, dengan Safety AppLock, Push Message - Texting & SMS, Emoji Wallpaper, dan FingerTip GameBox, mengumpulkan jumlah unduhan yang jauh lebih rendah.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak pengguna Android individu yang dibujuk dan kerusakan finansial apa yang disebabkan oleh aplikasi ini, Anda harus mencari enam judul yang disebutkan di atas dan menghapusnya sesegera mungkin.

baca juga: Alasan Keamanan Nasional, Pemerintah AS Ingin Blokir TikTok Pada 12 November

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, cara kerja ancaman fleeceware adalah dengan mengenakan biaya yang berlebihan untuk akses "premium" ke layanan paling mendasar atau tidak berguna.

Serangan ini juga mengaktifkan langganan aplikasi yang mahal, tanpa memberi tahu Anda dalam bentuk atau bentuk apa pun.

Google pun telah menghapus enam aplikasi jahat dari Play Store-nya. Namun, tidak mengubah fakta bahwa raksasa pencarian itu perlu merancang mekanisme lebih baik untuk memblokir aplikasi individu seperti ini.

Editor: Eko Fajri