Stiker Tekanan Ban Sering Copot, BMW Recall Ratusan Unit Motor

Motor produksi BMW
Motor produksi BMW (net)

KLIKPOSITIF - BMW melakukan penarikan kembali atau recall untuk sejumlah motor model 2021. Penarikan dilakukan karena ditemukan masalah pada stiker informasi tekanan ban.

Dilansir dari Rideapart laporan yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), total ada sebanyak 447 sepeda motor BMW di Amerika Serikat (AS) terdampak masalah yang sama. Sejumlah model yang harus ditarik kembali diantaranya adalah BMW R 1250 RT, BMW R 1250 R, BMW R 1250 RS, BMW R 1250 GS, dan BMW R 1250 GS Adventure. Seluruh model yang terpaksa di recall merupakan model 2021.

Laporan tersebut menjelaskan bagaimana stiker informasi tekanan ban pada seluruh model terdampak dapat terlepas dari rangka sepeda motor. Jika label terlepas dan hilang, maka motor tidak lagi sesuai dengan Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal (FMVSS). Pasalnya, ban yang mengembang secara tidak benar seperti kelebihan atau kekurangan tekanan dapat menyebabkan ban haus sebelum waktunya dan memengaruhi penanganan sepeda motor.

Pabrikan akan segera menghubungi pemilik melalui surat dan mengundang konsumen untuk datang ke diler resmi BMW dan melakukan penggantian stiker. Sementara pemilik yang melakukan penggantian stiker karena hilang sebelum diumumkan kampanye recall akan masuk dalam garansi. Jika stiker tekanan ban tidak ada, pemilik bisa mengacu pada buku manual untuk mengonfirmasi angka tekanan ban yang direkomendasikan.
Baca Juga

Editor: Ramadhani