BMW Patenkan Teknologi Swingarm Fleksibel

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - BMW Motorrad diketahui telah mendaftarkan paten teknologi baru untuk sepeda motornya. Teknologi baru ini berupa lengan ayun atau swingarm fleksibel.

Dilansir dari Visordown, paten terbaru BMW ini menunjukkan pendekatan radikal tentang cara mengintegrasikan swingarm dengan sasis utama. Pabrikan merekayasa serat karbon menjadi kaku di beberapa titik. Namun sangat fleksibel di arah lain.

baca juga: Bermasalah, Toyota Supra dan BMW Z4 Kena Recall

Hasilnya teknologi yang dikembangkan BMW ini memungkinkan lengan ayun mampu menekuk guna meredam benturan. Kendati demikian, perusahaan sepertinya tetap akan menggunakan peredam kejut konvensional.

Pasalnya, komponen lentur itu tidak dapat memberikan redaman di semua lintasan, terlebih trek balap. Selain itu, suspensi tetap ada agar memberikan efek pegas pada porsinya.

baca juga: Industri Otomotif Jerman Dapat Suntikan Dana Puluhan Triliun dari Pemerintah

Apa yang dilakukan perusahaan otomotif asal Bavaria ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru. Teknologi semacam itu telah diaplikasikan pada mobil balap bahkan pesawat terbang dengan memanfaatkan fleksibilitas serat karbon. Piranti ini sering kali menempel pada sasis, agar dapat meningkatkan kekuatan, aerodinamika, dan mengurangi bobot.

Graphite fiber dan bahan ringan lainnya adalah material lazim dalam dunia desain sepeda motor. Material ini sangat diminati pabrikan sepeda motor karena memiliki bobot ringan serta kekuatan tinggi.

baca juga: Motor Honda Mendiang Simoncelli Dilego Ratusan Juta Rupiah

Editor: Ramadhani