Apple dan Google Hapus Game Fornite dari Layanan Mereka

Game Fortnite
Game Fortnite (net)

KLIKPOSITIF - Fortnite versi mobile telah dihapus dari layanan App Store dan Google Play Store. Dilansir dari The Verge, Apple telah mengonfirmasi penghapusan Fortnite mobile dari layanannya.

Pihak Google juga telah memastikan kebenaran terkait informasi tersebut. Baik Apple maupun Google , menuding bahwa Fortnite Mobile telah melanggar aturan dari kedua layanan terkait.

baca juga: Protes ke Apple, Facebook Ingin Messenger Ingin Jadi Aplikasi Default di iOS

Ternyata akar permasahalannya ada di update terbaru Fortnite Mobile. Dilansir dari Gamespot, Epic Games, selaku developer baru saja memperkenalkan metode pembayaran langsung dalam aplikasi Fortnite di semua platform.

Mengusung nama "Fortnite Mega Drop", metode pembayaran ini menerapkan diskon permanen hingga 20% untuk top up V-Bucks. Mengetahui adanya metode pembayaran sendiri tersebut, Apple dan Google tak terima.

Apple dan Google sama-sama memiliki peraturan yang mewajibjan developer untuk membagi hasil penjualan dalam layanan sebanyak 30%. Peraturan tersebut memaksa para developer menaikan harga yang akhirnya dibebankan kepada pelanggan. Hal tersebut yang coba dihindari oleh Epic Games agar para pemain bisa melakukan top up V-bucks dengan nyaman.

baca juga: Google Berencana Jalankan Potongan 30 persen di Transaksi Aplikasi

Perlakuan Epic Games dianggap telah menyalahi aturan App Store dan Google Play Store. Fortnite Mobile pun terpaksa dihapus dari kedua layanan untuk sementara waktu.Tak terima terhadap perlakuan dua raksasa teknologi itu, Epic Games selaku pengembang memberikan sejumlah perlawanan. Pertama, perusahaan melayangkan gugatan antimonopoli terhadap layanan App Store ke pengadilan di California, Amerika Serikat.

Mereka juga membuat sebuah video khusus yang berisi ejekan terhadap Apple berjudul "Nineteen Eighty". Video tersebut menggunakan gaya yang sama dengan iklan Apple di tahun 1984 dengan tema melawan aturan dan hidup lebih bebas. Tak hanya perusahaan, para fans juga ikut andil menyuarakan "ketidakadilan" yang diterima game kesayangannya.

baca juga: Fitur iOS 14, Pengguna Bisa Leluasa Kostumasi Homescreen dengan Sentuhan Personal

Meski situasi tengah memanas, baik Apple dan Google tetap membuka jalan perdamaian terhadap Epic Games. Google bahkan bersedia untuk melakukan diskusi dan mencari jalan tengah agar Fortnite Mobile bisa kembali ke Play Store. Apple sedikit berbeda, perusahaan pimpinan Tim Cook seperti mempersulit, walaupun kesempatan itu masih ada.

Walaupun game kesayangannya telah dihapus dari App Store dan Google Play Store, fans tak perlu cemas. Sebab, Fortnite Mobile masih bisa dimainkan, khususnya bagi pengguna Android melalui aplikasi launcher Epic Games. Sedangkan di iOS, Fortnite masih bisa dimainkan sampai update 13.40 dalam Chapter 2 Season 3.

baca juga: Ingin Baterai Laptop Lebih Awet, Ini Kiatnya

Editor: Ramadhani