Dianggap Tiru Logo, Apple Tuntut Perusahaan Prepear

Logo Prepear yang disebut mirip dengan logo Apple, dibawa ke ranah hukum
Logo Prepear yang disebut mirip dengan logo Apple, dibawa ke ranah hukum (net)

KLIKPOSITIF - Apple diberitakan menuntutsebuah perusahaan bernama Prepear karena diduga melakukan penjiplakan logo. Pihak Apple menganggap bahwa logo yang digunakan oleh perusahaan itu terlihat serupa dengan apa yang dipakai Apple selama ini.

Dilansir dari 9to5mac, para pendiri Prepear menyebut bahwa Apple telah menentang penerapan merek dagang terhadap bisnisnya. Mereka juga menuntut Prepear untuk mengubah logo berbentuk buah pir yang digunakan.

baca juga: Protes ke Apple, Facebook Ingin Messenger Ingin Jadi Aplikasi Default di iOS

Dalam kesempatan yang sama, salah satu pendiri Prepear mengungkapkan perasaannya saat diserang oleh salah satu perusahaan besar. Ia akhirnya mengetahui kenapa banyak perusahaan kecil yang menyerah dan mengubah logonya.

Jika dilihat dengan seksama, logo yang dipakai Prepear dan Apple tidak memiliki kemiripan sama sekali. Entah itu dari segi bentuknya, posisi, hingga warna yang digunakan benar-benar berbeda. Satu-satunya yang sama dari kedua logo tersebut adalah menggunakan buah.

Sebagai perusahaan kecil, Prepear telah kehabisan banyak biaya untuk melawan Apple secara hukum. Mereka terpaksa memberhentikan satu anggota tim yang hanya terdiri dari 5 orang, untuk menambah modal perlawanan.

baca juga: Google Berencana Jalankan Potongan 30 persen di Transaksi Aplikasi

Sebagai informasi, Prepear merupakan perusahaan berbasis aplikasi yang menyediakan layanan untuk mempermudah penggunanya membuat dan mencari resep makanan baru. Untuk bisa tetap mepertahankan logo yang telah dibuatnya, Para pendiri Prepear menggalang petisi di situs change.org. Saat ini, sudah lebih dari 20 ribu masyarakat yang menandatangani petisi tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Prepear.

Editor: Ramadhani