WhatsApp Luncurkan Fitur Hoax, Cek Fakta Pada Pesan Foward

WhatsApp
WhatsApp (net)

KLIKPOSITIF - WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk melawan hoax. Fitur baru ini, memungkinkan pengguna melakukan pengecekan fakta dari setiap pesan yang dikirim dengan cara forward atau pesan berantai.

Pada bagian samping dari tiap pesan yang dikirim secara forward akan muncul ikon atau logo kaca pembesar. Jika diklik, pengguna akan dinavigasi ke browser untuk mengetahui kebenaran soal pesan yang dikirim.

baca juga: Protes ke Apple, Facebook Ingin Messenger Ingin Jadi Aplikasi Default di iOS

Saat ini, fitur tersebut baru tersedia di beberapa wilayah seperti Brazil, Italia, Irlandia, Mexico, Spanyol, UK, dan Amerika Serikat. Fitur baru ini dapat dinikmati dalam update terakhir WhatsApp for iOS, Android, dan Web. Sebelumnya, WhatsApp juga memiliki fitur lain yang diperuntukan guna melawan Hoax.

Salah satunya, pada awal tahun ini perusahaan membatasi jumlah seseorang untuk mengirim pesan berantai. Hasil pesan forward yang kamu terima dan masuk kategori sudah diteruskan ke banyak akun atau lebih dari 5x, hanya akan bisa diforward 1x saja. Meski sulit diberantas, beragam upaya yang dicoba oleh para penyedia layanan media sosial sedikit banyak dapat mengurangi penyebaran Hoax.

baca juga: Google Berencana Jalankan Potongan 30 persen di Transaksi Aplikasi

Editor: Ramadhani