Apple Peringatkan Pengguna Tidak Tutup Webcam di Macbook

Macbook
Macbook (net)

KLIKPOSITIF - Apple memberikan peringatan agar pengguna Mac tidak penutup webcam. Pasalnya menutup webcam ini bisa menimbulkan sejumlah masalah.


Dilansir dari halamanApple Support, Apple menjelaskanada celah yang minim antara layar dan bodi bagian bawah ketika ditutup. Jika celahnya ditambahkan aksesoris untuk menutup webcam, hal ini bisa membuat komputer Mac tidak dapat menutup secara sempurna.

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

Apple juga menjelaskan bahwa menggunakan penutup webcam bisa merusak layar, mengganggu fitur Automatic Brightness dan juga True Tone. Masih di laman yang sama, Apple juga menjelaskan bahwa webcam di komputer Mac dilengkapi dengan lampu indikator warna hijau untuk deteksi kamera sedang aktif digunakan.

Ketika lampu hijau tidak menyala, itu artinya FaceTime HD camera atau webcam di Mac sedang dalam kondisi tidak aktif. Penjelasan berikutnya untuk menjaga privasi, Apple menyarankan pengguna untuk mengelola daftar aplikasi yang dapat melakukan akses ke perangkat webcam di Mac

baca juga: Ini 10 Ponsel Paling Ngebut di Bulan Juli 2020, Punya Kamu?

Pengaturan ini dapat di temukan di aplikasi System Preferences pada bagian Security & Privacy - Privacy - Camera. Panduan lengkapnya bisa dibaca di halaman ini.

Apple juga menjelaskan cara paling aman untuk menutup webcam di Mac jika memang sangat diperlukan oleh para pengguna. Berikut ini panduannya:

Pastikan pelindung kamera yang akan digunakan tidak lebih tebal dari selembar kertas (0,1 mm).

baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Hoax, Cek Fakta Pada Pesan Foward

Hindari menggunakan penutup kamera dengan residu perekat.

Jika menggunakan pelindung kamera dengan desain yang tebal, pastikan untuk melepasnya sebelum menutup komputer Mac.

baca juga: DILo Hackathon Festival 2020

Editor: Ramadhani