Toyota Kembangkan Fitur Baru untuk Keselamatan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Toyota mengembangkan sebuah teknologi canggih untuk menunjang keselamatan pengendara. Dilansir dari Toyota Global, Toyota Motor Corporation mengembangkan sebuah fitur keselamatan untuk mencegah pengemudi salah menginjak gas.

Fitur keselamatan ini melengkapi fitur-fitur sebelumnya yang pernah digunakan Toyota , yakni Pedal Misapplication Acceleration Control System. Kini fitur Plus Support dan"Pedal Misapplication Acceleration Control System II dikembangkan.

baca juga: Pandemi Pukul Industri Mobil Mewah Hingga 33 Persen

Fitur ini lebih canggih dari sebelumnya dan bisa mencegah terjadinya akselerasi mendadak, tanpa harus ada objek di depannya. Ketika pedal gas diinjak secara tiba-tiba, sistem membaca serta memberikan pengendara peringatan dan bunyi beep.

Mobil tidak akan berhenti otomatis, jadi tetap perlu menginjak pedal rem. Tapi saat Acceleration Suppression System bekerja, mobil tidak akan melaju dengan signifikan. Lebih lanjut, fitur ini tidak berfungsi ketika mobil menyalakan lampu sein, menyalip kendaraan, dan menginjak rem setelah dua detik, hingga saat menginjak pedal ketika mobil dalam posisi jalan menanjak seperti di bukit.

baca juga: Pakai Mesin Bertenaga Air, Beginikah Wujud Motor Masa Depan?

Untuk fitur Plus Support tidak akan aktif jika mobil dibuka menggunakan kunci konvensional biasa, mobil tetap bisa jalan seperti biasa. Fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna Toyota Prius rakitan Desember 2015 hingga Juni 2020, Mark X rakitan Oktober 2009 dan November 2016, serta Toyota Crown rakitan Februari 2008 dan Desember 2012.

Fitur ini hanya bisa dinikmati juga untuk mobil-mobil khusus di Jepang saja. Ada kemungkinan fitur ini bisa dinikmati untuk pengguna mobil Toyota secara global nantinya.

baca juga: Mobil Listrik Vision-S Milik Sony Mulai Uji Jalan

Sejak tahun 2012, Toyota memperkenalkan fitur Inteligent Clearance Sonar (ICS). Kemudian mereka mengembangkannya lagi dengan menambahkan Pedal Misapplication Acceleration Control System pada 2018. Sistem saat itu mencegah kecelakaan yang disebabkan karena kesalahan menginjak pedal gas, sensor bisa bekerja ketika mendeteksi hambatan seperti dinding atau kaca.

Editor: Ramadhani