Piggio Dapat Kucuran Dana Ratusan Miliar, Dipakai untuk Kembangkan Motor

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Produsen otomotif dari Italia Piaggio dikabarkan mendapat pinjaman dana sebesar 60 juta dolar AS atau sekitar 863 miliar rupiah. Rencananya Piaggio akan menggunakan dana tersebut dalam penelitian dan pengembangan teknologi inovatif dan solusi produk.

Dilansir dari Rideapart, pemilik merek motor Aprilia, Moto Guzzi, dan Vespa bakal mengarap sektor yang meliputi keselamatan dan keberlanjutan aktif dan pasif (termasuk pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi mesin), yang bertujuan untuk memperkuat jajaran produk skuter, sepeda motor dan kendaraan komersial.

baca juga: Pandemi Pukul Industri Mobil Mewah Hingga 33 Persen

Pinjaman ini tidak menunjukkan bahwa Piaggio dalam kesulitan keuangan. Banca MPS dan Cassa Depositi e Prestiti, pihak yang menjamin pinjaman, menegaskan bahwa niat mereka adalah untuk membantu perusahaan melanjutkan bisnis reguler setelah efek lockdown virus corona.

Italia terpukul keras, dengan Piaggio dipaksa oleh pemerintah setempat untuk tutup pada 22 Maret 2020. Bisnis telah dimulai kembali, dan tampaknya mereka ingin menebus waktu yang terbuang. Nama Piaggio sebenarnya termasuk dalam kekuatan yang harus diperhitungkan di dunia roda dua (dan tiga). Mereka jelas sudah memiliki tim R&D yang kuat, dan investasi ini akan memmemperkuat mereka.

baca juga: Pakai Mesin Bertenaga Air, Beginikah Wujud Motor Masa Depan?

Saat ini Piaggio mampu membuat dari motor sport kelas atas hingga skuter Vespa. Diduga dana ini akan digunakan untuk riset teknologi yang lebih mutkahir dibandingkan dengan teknologi yang sudah ada.

Editor: Ramadhani