Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sistem operasi baru untuk iPhone, iOS14 membawa banyak fitur baru untuk Siri. Beberapa diantaranya merupakan teknologi yang benar-benar baru.


Berikut ini fitur terbaru dari Siri di iOS 14 dan iPadOS:

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

Tampilan Baru

Setelah bertahun-tahun tampil dengan mode layar penuh, kini Apple membuat Siri di iOS 14 dan iPadOS 14 dengan tampilan yang kompak. Ketika dipanggil, Siri di sistem operasi terbaru hanya akan menampilkan ikon bulat di bagian tengah bawah. Ya, tidak lagi dengan mode layar penuh. Nantinya jawaban dari Siri juga akan tampil di bagian layar atas saja, sama seperti tampilan notifiikasi yang selama ini kamu kenal.

Tampilan di bagian atas tersebut juga hanya berupa jawaban yang kamu perlukan saja. Alias tidak ada teks dari hasil ucapan yang kamu berikan kepada Siri seperti sebelumnya.

Kirim Pesan Audio

baca juga: Ini 10 Ponsel Paling Ngebut di Bulan Juli 2020, Punya Kamu?

Bagi pengguna iOS dan CarPlay, Siri di iOS 14 akan mendukung fitur kirim pesan dengan dokumen rekaman suara. Cara ini dapat membantu pengguna membalas pesan dengan lebih ekspresif dan memudahkan di beberapa kondisi. Bagaimana dengan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp atau lainnya? Pengembang juga bisa mengadposi fitur ini dengan implementasi teknologi SiriKit.

Siri + Apple Maps

baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Hoax, Cek Fakta Pada Pesan Foward

Integrasi Siri dan Apple Maps kembali ditingkatkan pada iOS 14. Ada 2 fitur baru yang berhubungan dengan Siri dan Apple Maps. Yaitu menjawab pertanyaan seputar rute perjalanan untuk pengguna sepeda dan juga berbagi ETA (estimated time of arrival) alias perkiraan waktu kedatangan. Fitur ETA ini berguna ketika pengguna sedang bernavigasi dengan Apple Maps dan ingin membagikan perkiraan waktu kedatangan kepada salah satu anggota keluarga atau teman di daftar kontak.

Jawaban Lewat WebsiteSiri memang dibuat dengan teknologi kecerdasan buatan yang canggih untuk membantu pengguna mencapai sebuah fitur di perangkat iPhone atau sekedar menjawab pertanyaan sederhana. Untuk bagian menjawab pertanyaan, mungkin pengguna pernah menemukan kondisi di mana Siri tidak mampu memberikan jawaban dan meminta kamu untuk mencari di Safari?

Nantinya di iOS 14, Siri akan menduking Web Answer alias mencarikan jawaban secara langsung di web pilihan dan membacakan jawabannya kepada pengguna.Suara Baru di Lebih Banyak Bahasa

baca juga: DILo Hackathon Festival 2020

Siri di iOS 14 akan mendukung teknologi neural texttospeech untuk menghasilkan suara lebih natural di lebih banyak dukungan bahasa. Berikut ini daftar bahasa dan regional yang akan mendukung fitur suara lebih natural di Siri:

English (Australia, India, Ireland, South Africa, UK, U.S.)

French (France)

German (Germany)

Spanish (Mexico, Spain)

Chinese (China mainland, Hong Kong)

Japanese (Japan)

Editor: Ramadhani