Microsoft dan Bridgestone Garap Teknologi Ban Baru

Microsoft
Microsoft (net)

KLIKPOSITIF - Microsoft dan Bridgestone bekerja sama untuk mengembangan teknologi ban baru. Teknologi ini nanti akan bekerja mengidentifikasi kerusakan pada ban mobil.

Selama ini pemilik mobil terbiasa dengan teknologi sistem pemantauan atau Tire-Pressure Monitoring System(TPMS) yang berfungsi memberi sinyal jika tekanan ban pada mobil berkurang. Sistem ini bekerja menggunakan sensor berbasis perangkat lunak. Jika tekanan pada ban berkurang, maka sensor akan memberi sinyal melalui lampu dashboard yang menyala.

Dilansir dari RideApart, kedua perusahaan bekerja sama untuk mengembangkan teknologi yang diklaim jauh lebih canggih dari yang sudah ada. Microsoft dan Bridgestone sepakat untuk menghadirkan Sistem Pemantauan Kerusakan Ban (TDMS) secara real-time. Di mana sistem mampu mendeteksi kerusakan pada ban saat mobil sedang melaju.

baca juga: Pakai Mesin Bertenaga Air, Beginikah Wujud Motor Masa Depan?

Dengan demikian pemilik mobil tidak perlu menghentikan kendaraan. Pasalnya dalam kebanyakan kasus pemilik harus terlebih dulu melepas ban dan melakukan pengecekan. Mengandalkan sensor yang ditanam ke roda, TDMS akan bekerja menganalisis data pada ban mobil dan menjalankannya melalui perangkat lunak Connected Vehicle Platform (MCVP) Microsoft.

Adapun sistem MCVP pada awalnya dirancang untuk mempromosikan produktivitas di dalam kendaraan (dengan Cortana, Skype, dan bahkan Office 365), serta mengelola pemeliharaan armada. Kemudian Microsoft mulai mengembangkannya agar bisa menganalisis informasi dari sensor tekanan sehingga memperingatkan bila terjadi indikasi kerusakan pada ban.Selain itu, perusahaan teknologi ini juga mengembangkannya agar mampu merekam di mana kerusakan terjadi. Implementasinya yang lain, jika ada jalan yang berlubang, pengendara bia menggunakan informasi MCVP untuk menghindari masalah. Data yang diperoleh juga bisa dilaporkan ke departemen transportasi sebagai saran untuk segera melakukan perbaikan jalan.

baca juga: Ini 10 Ponsel Paling Ngebut di Bulan Juli 2020, Punya Kamu?

Hanya saja saat ini teknologi yang dikembangkan kedua perusahaan tadi cuma bisa digunakan pada platform MCVP dan belum tersedia untuk sepeda motor.

Editor: Ramadhani