macOS Big Sur Bawa Fitur Menarik untuk Safari

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Macbook produksi Apple bakal mendapat sistem operasi baru bernama macOS Big Sur. Fitur Safari pada OS ini hadir dengan sejumlah peningkatan privasi dan fitur baru lainnya.

Salah satunya yang menarik adalah mendukung konten 4K HDR untuk membantu pengguna nonton video yang mendukung lewat Safari secara lebih maksimal. Dilansir dari 9To5Mac, para pengguna Safari di macOS Big Sur telah mencoba fitur baru ini. Salah satunya lewat layanan Netflix yang mendukung hingga resolusi 4K dan juga Dolby Vision.

baca juga: Microsoft Beri Teknologi Baru Pada Platform Pertemuan Virtualnya

Dengan dukungan baru ini, penikmat Netflix dalam paket berlangganan yang mendukung 4K dan konten yang mendukung HDR dapat menikmati tampilan video dengan warna yang lebih cerah. Namun sayangnya, fitur baru di Safari untuk macOS Big Sur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna Mac tahun 2018 atau lebih baru.

Sehingga pengguna Mac untuk tahun 2017 atau sebelumnya, tetap hanya mendapatkan dukungan resolusi maksimal 1080p di Netflix, meskipun sudah menggunakan macOS Big Sur.

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Apple juga telah menambahkan dukungan VP9 codec untuk aplikasi di iOS 14 dan tvOS 14. Dengan cara tersebut aplikasi seperti YouTube misalnya, dapat mendukung fitur 4K HDR untuk konten yang dibagikan dalam format tersebut. Tetapi untuk Safari di iOS 14, masih belum mendapatkan dukungan codec yang sama.

Editor: Ramadhani