Safari Mendapat Sejumlah Fitur Baru di macOS

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Peramban bawaan Apple , yakni Safari mendapat sejumlah fitur baru. Fitur-fitur baru tersebut hadir di masing-masing sistem operasi Apple , sesuai dengan kebutuhan. Berikut sejumlah fitur baru Safari yang bakal hadir.

WebExtension API

baca juga: Microsoft Beri Teknologi Baru Pada Platform Pertemuan Virtualnya

Safari di macOS Big Sur akan menghadirkan dukungan WebExtension API. WebExtension API merupakan teknologi cross-platform yang ada di sejumlah Browser, seperti Chrome, Firefox, Edge, dan lainnya. Fitur ini memungkinkn browser untuk menggunakan WebExtension serupa dengan yang digunakan di browser lain. Dengan begitu, pengguna Mac bisa mengunduh WebExtension yang sama dengan browser lain di Safari .

Dukungan Format Gambar Google WebP

Dalam catatan developer, Apple menambahkan dukungan format gambar WebP di Safari . WebP merupakan format gambar yang dikembangkan oleh Google dan diumumkan pada 2010. Perbedaan format gambar ini dengan yang lain adalah dapat mengompres ukuran gambar hingga 25-35% dengan kualitas yang sama.

baca juga: Ini Cara Sinkronasi Bookmark Chrome di PC dan Android

Tonton Video HDR di Safari iOS 14 dan macOS Big Sur

Untuk pertama kalinya, pengguna bisa menonton video dengan kualitas 4K HDR di Safari . Kualitas video tersebut bisa dinikmati melalui sistem operasi iOS 14 dan macOS Big Sur. Apple telah menamahkan VP9 codec ke sejumlah aplikasi yang memungkinkan pengguna menonton video 4K HDR, termasuk Safari .

baca juga: Ingin WhatsApp Web Tampil Dark Mode, Ini Caranya

Translasi Bahasa Asing

Salah satu fitur yang menarik adalah translasi atau penerjemahan bahasa asing di Safari . Saat ini, terdapat beberaa bahasa yang bisa ditejermahkan, yaitu Inggris, Spanyol, China, Prancis, Jerman, Rusia, Brazil, dan Portugal. Sayangnya, belum ada bahasa Indonesia di sana. Namun, ke depannya bukan tidak mungkin bahasa kebanggan kita itu akan tersedia.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Tombol Privasi

Safari juga mendapat fitur baru dari segi sistem keamanan, yaitu tombol privasi di bagian toolbar. Tombol privasi ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui pelacak cross-site yang telah diblokir. Kemudian, penguna juga akan diberi rekomendasi kata sandi yang aman digunakan di dalam browser untuk mencegah terjadinya pencurian data.

Face ID dan Touch ID

Apple telah menambahkan dukungan fitur Face ID dan Touch ID ke dalam Safari . Pengguna bisa melakukan Web Authentication menggunakan salah satu di antara dua fitur tersebut. Jadi, fitur ini memberikan alternatif log in ke platform di Safari yang lebih aman dan efektif.

Editor: Ramadhani