Sony Resmi Perkenalkan PS 5 ke Publik

PS 5 Sony
PS 5 Sony (net)

KLIKPOSITIF - Sony secara resmi telah memperkenalkan wujud PlayStation 5. Dalam acara livestream PlayStation, Sony mempertunjukkan konsol game generasi terbaru yang didominasi warna putih, hitam, dan beberapa sentuhan warna biru.

PlayStation 5 mencakup dua versi, yaitu dengan drive 4K Blu-ray dan murni Digital Edition. Varian PS5 tanpa drive optik terlihat jauh lebih tipis daripada model biasa karena penghapusan drive. Penghapusan drive seharusnya membuat Digital Edition juga dibanderol dengan harga lebih murah, tetapi Sony belum menyebutkan harganya. Perusahaan hanya mengungkap desain selama siaran langsung.

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

PlayStation 5 dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal di bawah TV atau monitor. Sony telah membangun dudukan yang berfungsi untuk kedua orientasi. Pada bagian atas konsol tampaknya juga dilengkapi dengan ventilasi untuk pembuangan panas, dengan port USB-A dan USB-C di bagian depan. Sony juga membuat sejumlah aksesori untuk konsol terbarunya, termasuk DualSense charging station, kamera HD baru, Pulse 3D wireless headset, dan media remote. Sony pun belum mengumumkan harga untuk salah satu aksesorisnya atau apakah itu akan diluncurkan bersama dengan PlayStaion 5.Dilansir dari The Verge pada Jumat (12/6/2020), Sony mengumumkan spesifikasi PlayStation 5 pada Maret dengan menyebut bahwa konsol akan ditenagai chip AMD khusus yang memberikan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan game . SSD akan menyediakan penyimpanan 825GB dan kinerja 5,5GB per detik. Sony mengharuskan semua game dipasang ke SSD internal untuk menggunakan kecepatan baca. Konsol terbaru ini juga akan mendukung grafis 8K, grafis 4K pada kecepatan refresh 120Hz, dan audio 3D.

baca juga: Ini 10 Ponsel Paling Ngebut di Bulan Juli 2020, Punya Kamu?

PlayStation 5 akan dilengkapi DualSense sebagai controller yang memiliki pemicu adaptif dan tombol buat baru yang dirancang untuk berbagi konten gameplay. Seperti pengontrol DualShock Sony , D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol sementara dua stik analognya ada di bagian bawah. DualSense juga akan memiliki touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang yang berada di setiap sisi touchpad. Konsol baru ini juga akan mendukung lebih dari 4.000 judul game di PlayStation 4 saat ini

Editor: Ramadhani