ECU Bermasalah, Kawasaki Recall Ninja ZX-10R

Kawasaki Ninja
Kawasaki Ninja (net)

KLIKPOSITIF - Kawasaki Motors Corporation melakukan recall atau penarikan kembali model Ninja ZX-10R. Penarikan dilakukan lantaran terdapat masalah pada Electronic Control Unit atau ECU.

Penarikan ini dilakukan untuk pasar Amerika Serikat. Sebagaimana diterbitkan Administrasi Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional (NHTSA), tercatat recall mencakup seluruh model yang telah dipasarkan atau sebanyak 1.529 unit.

Kawasaki menjabarkan bagaimana masalah Electronic control Unit atau ECU ini bisa menyebabkan bahaya pada mesin motor 998cc itu. Kendala pada mesin akan muncul ketika pengendara menggunakan fitur quick shifter. Jika dipaksakan, maka saluran udara pada katup bisa rusak.

Komponen tadi, pada penggunaannya akan mempengaruhi kemampuan motor dalam mengurangi kadar emisi yang dihasilkan oleh mesin. Bahkan pembuat motor asal Jepang itu menyebutkan, dalam kasus paling ekstrem masalah tadi mungkin bisa menyebabkan kebakaran.

Diharapkan program perbaikan akan dimulai pada pekan depan, 8 Juni 2020. Kawasaki akan segera memberi informasi kepada pemilik agar segera menghubungi dealer resmi. Mekanik nantinya akan memprogram ulang ECU dan memeriksa katup udara dan komponen terkait. Jika ditemui kerusakan pada salah satu bagian, maka akan dilakukan penggantian secara gratis.

Berikut daftar model ZX-10R yang terkena recall:

baca juga: Suzuki Beri GSX-R1000R Sentuhan Baru, Ada Warna Glass Mate Mechanical Grey

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10R

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10R ABS

baca juga: Cadangan Batubara di Indonesia Diperkirakan Sampai 65 Tahun Kedepan, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Bersih

2019-2020 Kawasaki Ninja ZX-10RT ABS KRT Edition

Editor: Ramadhani