Microsoft Gantikan Kerja Jurnalis dengan Kecerdasan Buatan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Puluhan jurnalis dan pekerja editorial di Microsoft News dan organisasi MSN kini digantikan dengan kecerdasan artifisial (AI). Dilansir dari Theverge Microsoft melakukan PHK atas para jurnalisnya sebagai upaya efisiensi.

AI nantinya bakal dipergunakan Microsoft untuk mengambil berita dan konten yang disajikan di MSN.com, di dalam browser Microsoft Edge, dan berbagai aplikasi lainnya. Para jurnalis dan editor yang di PHK kebanyakan berasal dari divisi Microsoft SANE (pencarian, iklan, Berita, Edge).

baca juga: Microsoft Beri Teknologi Baru Pada Platform Pertemuan Virtualnya

"Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi bisnis kami secara teratur," kata juru bicara Microsoft dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Verge, Rabu (3/6/2020).

Microsoft menjelaskan bahwa PHK ini tak ada kaitannya dengan pandemi virus Corona kendati bisnis media di seluruh dunia memang terpukul akibat pendapatan iklan yang merosot. "Keputusan ini bukan hasil dari pandemi saat ini," kata Microsoft.

baca juga: Ini Cara Sinkronasi Bookmark Chrome di PC dan Android

Business Insider melaporkan PHK massal di Microsoft terjadi pada Jumat (29/5/2020) di mana sekitar 40 pekerja di Amerika Serikat menjadi korban.Sementara itu dilaporkan The Guardian, tim internasional Microsoft juga kena imbas dari PHK tersebut. 27 karyawan di Inggris juga dilepas perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut.Microsoft telah berkecimpung dalam bisnis berita selama lebih dari 25 tahun, setelah meluncurkan MSN sejak 1995. Pada peluncuran Microsoft News hampir dua tahun lalu, Microsoft mengungkapkan bahwa ia memiliki lebih dari 800 editor yang bekerja dari 50 lokasi di seluruh dunia.

Editor: Ramadhani