Lama Tak Digunakan, Ini Tips Perawatan Sepeda Motor di Rumah

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Selama menjalani karantina mandiri ditambah libur lebaran sepeda motor bisa tak terpakai dalam jangka waktu cukup lama. Jika hal ini yang terjadi, maka pemilik harus lebih memperhatikan kondisinya agar performa terbaik sepeda motor tetap terjaga.

Performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri. Berikut beberapa tips untuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:

baca juga: Renault dan Google Cloud Kerja Sama Kembangkan Industri dan Teknologi

-Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

-Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

baca juga: Malas Olahraga Berat, Jalan Kaki Juga Bermanfaat Bagi Tubuh

-Pada sepeda motor jenis matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

-Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor , terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang. Lakukan pengecekan ini saat memanaskan mesin.

baca juga: Rutin Konsumsi Apel, Ini Manfaatnya Pada Tubuh

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali.

Editor: Ramadhani