Facebook Kucurkan $ 400 Juta untuk Beli Giphy

Facebook
Facebook (net)

KLIKPOSITIF - Giphy, situs yang dikenal dengan produksi GIF kini telah menjadi milikFacebook. Facebook mengucurkan dana 400 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,9 triliun untuk membeli Giphy.

Dilansir dari The Verge rencananya teknologi Giphy akan digunakan tidak saja di Facebook tetapi juga dilayanan perusahaan lainnya seperti Instagram dan WhatsApp. Giphy merupakan salah satu situs GIF terbesar di internet yang menawarkan alat untuk membuat, berbagi dan menggabungkan GIF.

Facebook sudah mengandalkan API Giphy untuk mendapatkan sumber GIF di aplikasinya selama bertahun-tahun, mulai dari aplikasi Facebook , Instagram, Facebook Messenger, hingga WhatsApp. Menurut Facebook , 50 persen dari keseluruhan penggunaan Giphy berasal dari aplikasinya, dengan setengahnya berasal dari Instagram saja.

baca juga: Deretan Smartphone Menegang Terbaik November 2020, Ini Jagoannya

Giphy akan menjadi bagian dari tim Instagram, dengan tujuan membuatnya lebih mudah untuk mengirim GIF dan stiker dalam Instagram Stories maupun Direct Message (DM). Meskipun, untuk saat ini, Facebook mengatakan bahwa tidak ada yang berbeda bagi pengguna Giphy.

"Orang-orang masih dapat mengunggah GIF. Pengembang dan mitra API akan terus memiliki akses yang sama ke API Giphy dan komunitas kreatif Giphy masih akan dapat membuat konten yang hebat," ujar VP of product Instagram, Vishal Shah.

baca juga: Otoritas Italia Denda Apple Rp169 karena Klaim Keliru Soal iPhone

Banyak layanan yang bergantung pada API Giphy untuk memasok GIF, termasuk Twitter, Pinterest, Slack, Reddit dan masih banyak lagi

Editor: Ramadhani