Suzuki Daftarkan Paten Baru untuk Mesin 250CC

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Suzuki Motor India sedang mengajukan paten baru untuk mesin 250cc. Hal ini dilakukan agar memenuhi standar emisi yang sudah ditetapkan.

Dilansir dari Visordown, mesin SOHC seperempat liter itu kini dipasangi catalytic converter di bawah ruang bakar mesin. Catalytic converter tambahan ini ditempatkan lebih dekat ke port knalpot dan kepala silinder. Gambar paten juga menunjukkan bahwa catalytic converter baru itu memiliki dua sensor oksigen. Sensor ini akan mengendalikan gas buang hasil pembakaran pada saat masuk dan keluar dari catalytic converter.

baca juga: Biar Tak Mubazir, Ini Panduan Beli Mobil untuk Pemula

Dengan demikian, gas buang tetap terkendali dan sesuai peraturan yang ada, yaitu Euro 5. Keputusan Suzuki Motor India ini adalah seiring peraturan standar emisi di India maupun negara-negara di mana motor-motor ini bakal diekspor. Yaitu telah diubah menggunakan standar Euro 5.

Versi mesin 250cc yang saat ini digunakan mampu menghasilkan tenaga sekitar 26 daya kuda (dk) pada 9.000 rpm dengan torsi puncak 22,6 Nm pada 7.000 rpm. Dipadukan girboks 6-percepatan.

baca juga: Suzuki Ternyata Sempat Berniat Rekrut Rossi

Kendati demikian, meski sudah mengajukan paten baru, kemungkinan Suzuki masih akan mempertahankan torsi puncak yang dihasilkan mesin. Pabrikan mungkin lebih berfokus untuk membuat unit baru lebih mudah dikendarai, dengan kurva torsi lebih halus dan gas buang lebih rendah.

Editor: Ramadhani