Ini Aplikasi Video Conference yang Digunakan dalam Rapat Terbatas Presiden

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pandemi corona mendorong masyarakat Indonesia untuk tetap berada di rumah tanpa meninggalkan aktivitas harian mereka. Berbagai aplikasi video conference digunakan untuk membuat masyarakat tetap terhubung dengan keluarga, mitra bisnis, atau urusan lainnya.

Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Sejak diberlakukannya physical distancing, orang nomor satu di Indonesia itu kerap melakukan video conference , termasuk untuk mengkoordinir para pembantunya di kabinet.

baca juga: PSBB Transisi di Jakarta Diperpanjang Dua Pekan

Menariknya, Jokowi ternyata menggunakan aplikasi video conference buatan dalam negeri, tepatnya melalui salah satu layanan Telkomsel, yaitu CloudX. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro.

"Sejak WFH, Pak Jokowi selalu menggunakan virtual conference. Kemudian beliau ingin menggumakan produk dalam negeri yang lebih secure. Maka, terpilihlah CloudX," terang Setyanto dalam video conference pada Selasa (21/4/2020).

baca juga: Pada 2022, Kemenperin Targetkan Substitusi Impor 35 Persen

"Alhamdulillah (CloudX) dipakai kemarin sore untuk ratas (rapat terbatas). Kemarin dipakai oleh 48 titik (partisipan). Hasilnya lancar dan terbukti lebih baik daripada aplikasi lainnya," imbuhnya.

Setyanto melanjutkan, CloudX memiliki beberapa keunggulan dibanding aplikasi milik kompetitor. Selain lebih aman karena data pengguna terenkripsi, jumlah partisipan CloudX juga lebih banyak.

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

"Pesertanya saat trial kemarin, kita juga sudah nyoba video call dengan 1000 peserta. Alhamdulillah lancar," tegasnya.

Sejak WFH berlangsung, pengguna layanan CloudX juga tercatat melonjak drastis. "Pengguna CloudX melonjak. Naik 5.000 persen atau 50 kali lipat daripada sebelumnya," tandas Setyanto.

baca juga: Pemerintah Optimis Ekonomi Segera Pulih

Editor: Eko Fajri