Apple Tutup Jalur Downgrade ke iOS 13.3.1 dan 12.4.5

ilustrasi: iOS
ilustrasi: iOS (net)

KLIKPOSITIF - Apple telah resmi menutup jalur downgrade ke iOS 13.3.1. Pengguna yang menggunakan perangkat iPhone dan iPad yang mendukung iOS 13, kini hanya dapat melakukan update atau restore ke iOS 13.4 saja yang resmi rilis minggu lalu.

Apple selalu menggunakan pola yang sama untuk menutup jalur downgrade. Yaitu sekitar seminggu setelah update iOS paling baru muncul. Tujuannya adalah mengajak para pengguna iOS untuk terus mengunduh update ke sistem operasi paling baru.

baca juga: Apple Sebut Pengguna iOS14 Kini Capai 86 Persen dari Total Pengguna iPhone

Selain itu dengan menutup iOS versi sebelummya, celah keamanan yang digunakan oleh komunitas Jailbreak juga menjadi tertutup. Sehingga pengguna tidak dapat melakukan downgrade dan Jailbreak. Selain iOS 13.3.1, jalur downgrade yang kini juga ditutup adalah iOS 12.4.5.

Selain merilis update iOS 13.4 Apple juga membagikan update iOS 12.4.6 untuk pengguna perangkat iOS lawas seperti iPhone 6 dan iPhone 5s.

baca juga: Google Segera Luncurkan 3 Filter Baru untuk YouTube Kids

Update iOS terbaru ini memberikan sejumlah perbaikan dan fitur baru yang penting. Mulai dari dukungan akses Trackpad untuk pengguna iPadOS, fitur iCloud Folder Sharing dan beberapa perbaikan penting lainnya.

Editor: Ramadhani