India Lockdown, Produksi iPhone di Foxconn dan Wistron Terhenti

Apple
Apple (net)

KLIKPOSITIF - Untuk mencegaj penyebaran virus corona Pemerintah India telah menetapkan kebijakan Lockdown hingga 21 hari. Keputusan ini juga berpengaruh terhadap Apple yang punya beberapa rekanan perakit iPhone di negara tersebut.

Dikutip dari Bloomberg, perakit iPhone yang berada di India yaitu Foxconn dan Wistron telah menghentikan sementara kegiatan di pabrik untuk mengikuti kebijakan Lockdown. Foxconn telah menjelaskan bahwa mereka akan menutup pabrik di India hingga 14 April 2020 dan kembali melakukan produksi jika sudah mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut.

Pabrikan Wistron juga disebut telah menutup pabrik dan menghentikan kegiatan produksi untuk sementara. Namun mereka enggan mengatakan jenis produk apa saja yang akan berpengaruh terhadap kebijakan tersebut.

baca juga: Ratusan Ilmuan dari Puluhan Negara Sebut Droplet Bisa Menyebar Puluhan Meter

Selain masalah perakitan, kabarnya Apple juga punya ribuan karyawan di India yang harus mengikuti kebijakan ini dan tidak bisa bekerja seperti biasanya. Keputusan Lockdown yang diambil oleh India disampaikan oleh perdana menteri Narendra Modi.

Menurut Narendra Modi, India harus melakukan Lockdown selama 21 hari untuk mencegah Coronavirus semakin menyebar. Jika tidak melakukan Lockdwon selama 21 hari, dikhawatirkan ekonomi India akan terus terpuruk dan mereka bisa kembali seperti keadaan ekonomi 21 tahun lalu.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Apple sudah beberapa tahun ini membuat produksi sebagian iPhone di negara India . Tujuannya adalah mengurangi kenaikan harga akibat pajak tambahan untuk produk elektronik yang masuk ke India melalui eksport

Editor: Ramadhani