BMW Siapkan Motor Baru Pesaing Harley Davidson

BMW R18
BMW R18 (net)

KLIKPOSITIF - BMW Motorrad bakal meluncurkan motor baru yang disebut menjadi kompetitor Harley-Davidson. Motor ini dinamakan BMW R18 yang rencananya dirilis pada 3 April 2020.

"Kami selalu memiliki gagasan untuk memasuki segmen pasar cruiser Amerika," papar Karl Victor Schaller, Kepala Teknik di BMW Motorrad, dilansir dari MCN.

baca juga: Piggio Dapat Kucuran Dana Ratusan Miliar, Dipakai untuk Kembangkan Motor

Dalam riset internal perusahaan, BMW menyadari bila mereka bisa saja menggunakan mesin 1.350cc. Namun untuk bersaing dengan Harley-Davidson hal ini tentunya belum cukup. "Mungkin mesin 1.350cc dengan kompresor akan tepat dan pemasaran mengatakan "itu jauh lebih baik". Namun kenyataannya masih belum sampai tahapan demikian," ucap Karl Victor Schaller.

Saat ini, tambahnya, setengah volume dari pasar cruiser di Amerika Serikat tidak lagi berbicara tentang tenaga kuda. Mereka berbicara tentang dimensi dapur pacu dalam satuan kubik inci. "Kami memutuskan untuk membuat mesin yang sama sekali baru. Anda mungkin berpikir ini bukan hal rumit karena kami memiliki banyak sejarah mesin boxer. Namun perpindahan dalam merancang mesin boxer itu yang tidak mudah," terangnya.

baca juga: Masalah Pada Bahan Bakar, Mercedes Benz Recall Ratusan Ribu Mobil

BMW R18 digadang-gadang bisa menggerus pasar Harley-Davidson yang mulai memfokuskan penjualan di Asia setelah penjualan di negara asalnya, Amerika Serikat terus mengalami penurunan. Produk terbaru dari produsen otomotif roda dua asal Jerman ini kabarnya akan mengandalkan mesin besar berkapasitas 1.8L berkonfigurasi boxer kondang, dengan torsi melimpah dibandingkan V engine yang dipakai pada Harley-Davidson.

Sedangkan dari desain yang ditampilkan, perusahaan menyatakan konsumen tidak perlu lagi repot melakukan modifikasi karena tampilan sudah demikian gagah. Rumor yang beredar motor ini akan dipasarkan dengan banderol GBP 20.000 atau setara Rp 363 juta untuk pasar Britania Raya

baca juga: Microsoft dan Bridgestone Garap Teknologi Ban Baru

Editor: Ramadhani