Tak Lagi Didukung Google, Huawei Alami Kerugian

Huawei
Huawei (net)

KLIKPOSITIF - Huawei dilaporkan memgalami kerugian yang cukup signifikan usai pemerintah Amerika Serikat (AS) menerapkan sanksi dagang untuk perusahaan asal Tiongkok itu.

Dilansir dari laman Arstechnica, Selasa (10/3/2020), pengapalan ponsel Huawei pada tahun ini diperkirakan menurun di kisaran 190-200 juta unit, atau turun 20-26 persen dari tahun lalu yang mencapai 240 juta unit di seluruh dunia. Di balik proyeksi penurunan pengapalan tersebut, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah tidak adanya dukungan Google Mobile Services (GMS).

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Damoaknya ponsel-ponsel keluaran Huawei tak lagi membawa mengakses ekosistem Android, termasuk Play Store dan jutaan aplikasinya, layanan Google Play, dan aplikasi bawaan Google, seperti Gmail, Google Maps, Chrome, YouTube, Google Assistant, dan banyak lagi.

Embargo dagang ini juga mengakibatkan Huawei tidak lagi dapat membawa aplikasi buatan AS di toko aplikasinya, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Snapchat, Netflix, Uber, Lyft, Amazon, Twitter, dan aplikasi lainnya.

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Meski begitu, Huawei sudah mulai menyiapkan strategi baru untuk menghadapi masalah ini, termasuk dengan membuat ponsel tanpa menggunakan komponen dari perusahaan asal Negeri Paman Sam.

Editor: Ramadhani