Melihat Fleets, Fitur Baru Twitter yang Bikin Gaduh Warganet

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Twitter diberitakan sedang menguji sebuah fitur baru bernama Fleets. Fitur ini disebut mirip dengan Instagram Stories, yaitu konten yang dapat dibagikan dan hilang secara otomatis setelah 24 jam.

Dikutip dari Tech Crunch, Twitter saat ini sedang menguji Twitter Fleets untuk sejumlah pengguna terpilih di regional Brasil. Belum ada catatan yang menyebutkan mengenai tanggal rilis atau perluasan uji coba Fleets untuk pengguna Twitter lainnya.

baca juga: Apa Beda Repeater, Booster, atau Extender Wi-Fi?

Fitur Twitter Fleets punya beberapa perbedaan dibanding mode Tweet yang biasa kamu lakukan. Pertama tentu saja kontennya akan hilang setelah 24 jam secara otomatis. Kedua, konten di Fleets tidak dapat terhubung ke fitur Search, Moments, atau dilampirkan alias embed ke website lain. Ketiga, konten di Fleets tidak bisa mendapatkan interaksi apapun dari pengguna lain seperti Like, Reply atau Retweet.

Twitter Fleets kabarnya dibuat untuk mengatasi masalah utama dari para pengguan Twitter . Yaitu merasa enggan atau malu dengan pengguna umum lainnya.

baca juga: WhatsApp Uji Lagi Fitur Baru Bernama Reactions

Soal tampilan, Fleets akan tampil seperti konten Stories di aplikasi sosmed lainnya. Yaitu dengan deretan ikon bulan di bagian atas, lengkap dengan foto profil pengguna.

Pengguna bisa menekan ikon + untuk mulai membuat konten baru di Fleets. Belum ada penjelasan mengenai batasan jumlah huruf yang bisa diketik di sebuah konten Twitter Fleets. Namun untuk video, disebutkan bahwa durasi maksimal konten video yang bisa dibagikan ke Twitter Fleets adalah 2 menit 20 detik atau dalam ukuran dokumen maksimal 512MB.

baca juga: iPhone Jadi Ponsel Terlaris di Cina

Publisher atau akun khusus lainnya disebutkan juga akan mendapatkan fitur istimewa di Fleets yaitu membagikan konten video dengan durasi maksimal 10 menit.

Fleets versi uji coba punya sedikit perbedaan dibandingkan fitur Stories serupa di aplikasi lain. Untuk menonton konten berikutnya dari akun yang sama, kamu harus melakukan scroll. Sedangkan untuk berpindah ke akun lain, masih tetap sama yaitu swipe ke kiri. Namun Twitter menyebutkan bahwa gesture ini bisa saja diubah dalam update berikutnya sesuai masukan pengguna.

baca juga: Rilis Ulang Fitur Q&A di TikTok, Begini Cara Pakainya

Uji coba fitur ini direspon oleh warganet.Meski masih uji coba, fitur ini ternyata sudah mendapat banyak protes dari pengguna. Hal itu dapat dilihat dari tagar RIP Twitter (#RIPTwitter) yang kini menjadi trending topic di Twitter .

Editor: Ramadhani