Twitter Uji Fitur Label untuk Atasi Hoax

Twitter
Twitter (net)

KLIKPOSITIF - Twitter dilaporkan sedang menguji fitur label untuk berita hoax . Hal ini dilakukan untuk mengurangi percakapan hoax atau berita yang salah.

Dilansir dari NBC News dengan fitur ini, setiap cuitan yang terdeteksi membagikan berita hoax , informasi yang menyesatkan, akan mendapatkan label warna orange terang. Label ini akan mendapatkan ukuran yang sama besar dengan Tweet yang dibagikan, lokasinya tepat di bawah Tweet tersebut.

baca juga: Protes ke Apple, Facebook Ingin Messenger Ingin Jadi Aplikasi Default di iOS

Kabarnya saat ini fitur tersebut masih dalam uji coba dan akan dirilis secara parsial pada 5 Maret 2020. Dalam salah satu skenario uji coba yang dilakukan, Twitter akan memberikan lencana komunitas atau poin untuk pengguna umum yang berkontribusi baik pada percobaan ini.

Artinya mereka yang melaporkan setiap berita hoax atau informasi menyesatkan dari sebuah akun agar mendaptkan tanda label orange terang di atas. Disebutkan juga bahwa sistem poin ini dapat mencegah troll atau orang yang punya ideologi politik tertentu untuk menjadi moderator.

baca juga: Google Berencana Jalankan Potongan 30 persen di Transaksi Aplikasi

Dalam sistem uji coba ini juga disebutkan bahwa anggota komunitas akan mendapatkan pertanyaan apakah Tweet yang ditandai, tidak memberikan atau memberikan kemungkinan menjadi informasi menyesatkan.

Setelah itu mereka akan diminta memberikan penilaian dengan angka 1--100 dan menjelaskan alasan mengapa Tweet itu disebut menyesatkan. Selain Twitter , sistem serupa juga sebetulnya sudah digunakan oleh beberapa platform lain. Saat ini yang paling terkenal adalah di Wikipedia dan Reddit.

baca juga: Fitur iOS 14, Pengguna Bisa Leluasa Kostumasi Homescreen dengan Sentuhan Personal

Editor: Ramadhani