Intel Perkenalkan Thunderbolt 4

Intel Thunderbolt 4
Intel Thunderbolt 4 (net)
KLIKPOSITIF -

Intel mengumumkan kehadiran Thunderbolt generasi 4. Thunderbolt 4 diklaim memiliki kecepatan transfer empat kali lipat dari USB 3 saat ini.

Intel mengumumkan teknologi tersebut akan hadir bersama prosesor Intel Core generasi 10, Tiger Lake. VP Intel , Gregory Bryant menyebut bahw untuk pertama kalinya Thunderbolt 4 disebutkan ke publik.

baca juga: Pengguna iOS 15 Keluhkan Sejumlah Masalah Bug

Saat ini USB 3 telah sampai pada generasi kedua, mampu membawa data dengan kecepatan 20 GB per detik. Jika merujuk pada teknologi tersebut, maka Thunderbolt 4 mampu membawa data sebesar 80 GB per detik atau dua kali lipat Thunderbolt 3.

Intel menyebut USB 3 dengan merujuk pada USB 3.1 yang memiliki kecepatan 10 GB per detik. Artinya, Thunderbolt 4 akan memiliki kecepatan 'hanya' 40 GB per detik. Kecepatan tersebut sama dengan Thunderbolt yang memiliki kecepatan transfer hingga 40 GB per detik, seperti dikutip dari tomshardware.

baca juga: Pengguna iPhone 13 Laporkan Alami Bug Pada Fitur Unlock With Apple Watch

Artinya, Thunderbolt 4 bisa saja merupakan nama lain proyek USB 4.0 yang tengah dikerjakan Intel , seperti dilansir dari 9to5mac. Jika benar Thunderbolt 4 hanyalah nama proyek untuk USB 4, maka teknologi tersebut pernah disebutkan sebelumnya. USB 4 diprediksi akan membawa data sebesar 40 GB per detik dan mampu hantarkan listrik hingga 100 W.

Penulis: Ramadhani | Editor: Rezka Delpiera