Apple Siapkan Fitur Mengetik Baru

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Apple diberitakan bakal menggunakan teknologi sensor laser Face ID untuk meningkatkan pengalaman mengetik.Informasi ini diketahui Apple melalui aplikasi paten yang baru saja dibuat.

Pada aplikasi paten tersebut, Apple ingin menggunakan teknologi laser untuk mendeteksi sentuhan pengguna ke layar. Paten tersebut bernama "Self-Mixing Interface Based Sensors for Characterizing Touch Input".

baca juga: iOS 14 Dirilis, YouTube Hapus Fitur Picture In Picture

Paten tersebut akan menggunakan teknologi Vertical-Cavity Surface-Emiting Layers (VCSELs). VCSELs Akan membuat sensor dapat membaca sentuhan pada layar secara lebih akurat. VCSELs juga mampu berfungsi ayaknya 3D Touch. Sensor laser ini juga berfungsi penggunaan multi gesture yang lebih baik.

Dengan kehadiran teknologi ini, pengguna juga tidak perlu menggunakan tenaga yang berlebih ketika harus menekan tombol di layar.  Teknologi VCSELs sebenarnya telah digunakan oleh Apple dalam TrueDepth kamera iPhone. Bahkan, VCSELs tengah dikembangkan dalam proyek mobil mandiri, Titan.

baca juga: Moto G9 Plus Akhirnya Rilis, Harganya Segini

Apple telah menyuntikan dana investasi sebesar $390 juta pada Finisar, produsen VCSELs sebagai bagian dari program Advanced Manufacturing Fund Strategy pada 2017 silam

Penulis: Ramadhani