Nissan, Renault, dan Mitsubishi Buat Perusahaan Bersama

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Nissan, Renault, dan Mitsubishi bersepakat untuk membuat sebuah perusahaan baru bersama. Nantinya perusahaan baru ini akan fokus pada riset dan pengembangan (R&D) teknologi otomotif.

Dilansir dari Kyodo News, ketiga perusahaan akan mengumumkan rencana nyata mereka pada bulan Januari 2020. Usaha baru ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan aliansi.

baca juga:

Dari beberapa sumber yang mengetahui rencana ini, hubungan ketiga perusahaan sedikit renggang sejak penangkapan mantan pemimpin aliansi, Carlos Ghosn. Sebagai rencana masa depan, Renault, Nissan dan Mitsubishi disebut akan menunjuk seorang sekretaris jenderal untuk memimpin kemitraan guna meningkatkan kerja sama dan memulai kembali kerja sama.

Namun belum diungkap negara mana yang akan menjadi pusat R&D aliansi. Sebelumnya, diinformasikan Hadi Zabli terpilih sebagai sekretaris jenderal perusahaan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Pengumuman ini bagian dari upaya membangkitkan bisnis otomotif ketiga perusahaan di dunia pascapenangkapan Carlos Ghosn pada 19 November 2018 di Bandara Haneda, Jepang.

baca juga:

Zabli sendiri merupakan insinyur berdarah Perancis-Lebanon. Ia memiliki tugas mengawasi proyek-proyek kerja sama ketiga pemanufaktur termasuk meningkatkan efisiensi dan kinerja keuangan dari kemitraan ini. Zabli menggantikan peran Ghosn sebagai kepala aliansi.

Penulis: Ramadhani