Mirip Instagram, Facebook Kembangkan Fitur Close Friend?

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Facebook sedang mengembangkan fitur baru untuk layanan Messenger yang mirip dengan fitur Close Friend pada Instagram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi konten ke lingkaran teman dekat secara terbatas.

Dalam Facebook, fitur tersebut saat ini dinamai "Favorites" dan pertama kali ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong pada 22 November. Ia membagikan temuannya dalam akun Twitter @wongmjane.

baca juga: Karyawan Semen Padang Lahirkan Aplikasi Japuik Anta yang Diimplementasikan di SIG Group dan Mampu Menekan Biaya Rp1,4 M

Cara kerja fitur Favorites sangat mirip dengan Close Friend pada Instagram. Pengguna dapat memasukkan teman-teman dekat dalam sebuah daftar. Setiap kali pengguna ingin membagikan Story atau kiriman lain, pengguna dapat memilih daftar tersebut.

Fitur ini juga selaras dengan upaya Mark Zuckerberg yang menginginkan platform tersebut menjadi jejaring sosial yang lebih privasi.

baca juga: Ini Dua Cara Cadangkan Kontak di Perangkat Android

Dilansir dari The Verge, Facebook sebelumnya sudah memiliki fitur yang hampir mirip bernama Daftar Teman. Fitur ini memungkinkan pengguna mengklasifikasikan teman-teman Facebook menjadi Teman Dekat, Kenalan, dan Terbatas. Namun, fitur Favorites sepertinya menawarkan pendekatan yang lebih sederhana.

Fitur Favorites saat ini sedang dalam tahap prototipe, bahkan Facebook belum mengujinya secara internal. Dengan kata lain, fitur ini bisa saja memiliki perubahan ketika diuji coba atau pun saat rilis. (*)

baca juga: Siri Mendapat Sejumlah Fitur Baru Pada iOS 14

Penulis: Eko Fajri