TikTok Jadi Aplikasi Terlaris di App Store

TikTok
TikTok (net)

KLIKPOSITIF -Aplikasi TikTok telah menguasai App Store dalam satu tahun terakhir. Kini TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada kuartal ketiga 2019.

TikTok sukses mengambil alih kembali posisi puncak setelah diambil YouTube pada kuartal kedua 2019 kemarin. Uniknya, sebelum YouTube mengambil alih, TikTok sukses menempati puncak aplikasi terbanyak diunduh di App Store selama 5 kuartal berturut-turut.

baca juga: iOS 14 untuk Pengguna Umum Sudah Dirilis, Pengguna Bisa Segera Update

Capaian tersebut diungkap melalui data yang diperoleh lembaga survey dan analisis perangkat mobile, Sensor Tower. Pendapatan kotor TikTok setidaknya mencapai $40 juta pada kuartal ketiga 2019 hanya di iOS.

Secara Year to Year atau dibandingkan dengan tahun lalu, pendapatan TikTok di iOS bahkan tumbuh sangat signifikan, 371 persen atau lebih dari tiga kali lipat. Sensor Tower juga mencatat TikTok memiliki 7,5 persen pendapatan total App Store untuk kategori Foto dan Video pada kuartal ketiga 2019.

baca juga: Siapa Sangka, Merek Smartphone Ini Kehilangan Nilainya Hanya dalam 12 Bulan

Jumlah ini naik dari 7 persen pada 2017 silam. Perkembangan TikTok ini tak lain dan tak bukan karena perbaikan, terobosan, dan perubahan strategi marketing yang dilakukan. Dengan memperbaiki sistem pengawasan, memberikan terobosan fitur berupa filter baru, hingga menggunakan artis untuk melakukan promosi menjadi cara efektif bagi TikTok.

Kini, yang perlu diperhatikan adalah sejauh mana TikTok akan bertahan pada daftar aplikasi terbanyak diunduh di App Store.

baca juga: Apple Rilis IOS 14 Versi Final, Ini Keunggulannya

Penulis: Ramadhani